Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dua Smartphone 5G Xiaomi Segera Masuk Indonesia, Xiaomi 12 Lite dan Poco C4?

Salah satu sertifikat yang tertanggal 8 Maret 2022 memiliki nomor 602/SJ-IND.8/TKDN/3/2022. Perangkat dengan kode Xiaomi 2203129G itu telah memenuhi syarat TKDN dengan bobot sebesar 30,60 persen.

Setelah ditelusuri, kode tersebut mengacu pada salah satu calon anggota baru dari keluarga Xiaomi 12, yakni Xiaomi 12 Lite.

Belum lama, Xiaomi telah merilis keluarga Xiaomi 12 series secara global. Namun, hanya ada tiga ponsel yang diluncurkan yaitu Xiaomi 12 reguler, Xiaomi 12 Pro dan Xiaomi 12X. Sementara model Xiaomi 12 Lite tidak diumumkan di acara tersebut.

Dihimpun dari situs Notebookcheck, beberapa bocoran menyebut bahwa Xiaomi 12 Lite bakal memiliki spesifikasi yang serupa dengan Xiaomi Civi. Ponsel tersebut telah dirilis di China beberapa bulan lalu.

Sementara itu, satu sertifikat lain juga terpantau muncul di situs TKDN. Dengan nomor sertifikasi 601/SJ-IND.8/TKDN/3/2022, perangkat tersebut memiliki kode Poco 220333QPG yang tertera di kolom merk dan tipe.

Melansir Gizmo China, kode Poco 220333QPG adalah kode global untuk Poco C4. Ponsel ini konon merupakan rebranding dari Redmi 10C.

Serupa dengan Xiaomi 12 Lite, perangkat ini juga telah mengantongi nilai TKDN sebesar 30,6 persen. Artinya, ponsel ini telah memenuhi salah satu syarat bagi ponsel untuk dapat dipasarkan di Indonesia.

Untuk bisa dipasarkan di Indonesia secara resmi, seluruh perangkat elektronik, termasuk Xiaomi 12 Lite dan Poco C4, juga harus mengantongi sertifikasi lolos uji Direktorat Jenderal Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika (SDPPI) Kementerian Komunikasi dan Informatika.

Namun, hingga saat ini kedua perangkat tersebut belum mengantongi sertifikat SDPPI. Berdasarkan pantauan KompasTekno, nama model Xiaomi 2203129G dan Poco 220333QPG tidak terlihat pada laman Postel Ditjen.

Yang pasti, Xiaomi 12 Lite dan Poco C4 akan datang dengan teknologi pendukung jaringan 5G, sesuai dengan kolom spesifikasi yang menyebutkan keterangan "5G LTE".

Bocoran spesifikasi Xiaomi 12 Lite dan Poco C4

Meski belum diluncurkan secara resmi, namun bocoran terkait Xiaomi 12 Lite dan Poco C4 sudah bertebaran di internet.

Berdasarkan rumor yang beredar, Xiaomi 12 Lite akan memiliki layar OLED 6,55 inci. Konon, sektor dapur pacu ponsel ini akan ditenagai oleh chip Snapdragon 778G Plus.

Setidaknya ada tiga kamera yang akan dimiliki oleh Xiaomi 12, yakni kamera utama 64 MP serta kamera ultra-wide dan kamera macro.

Sementara itu, Poco C4 disinyalir akan mempunyai layar berbentang 6,53 inci dan diotaki oleh chip MediaTek Helio G25.

Dihimpun KompasTekno dari 91mobiles, Jumat (18/3/2022), ada kemungkinan jika Poco C4 akan dibekali kamera utama 13 MP dan kamera selfie 5 MP.

Spesifikasi lain yang diduga akan hadir pada Poco C4 mencakup baterai RAM 3 GB, penyimpanan 32 GB, serta baterai berkapasitas 5.000 mAh.

Namun, spesifikasi di atas masih sebatas rumor. Belum ada pernyataan resmi dari Xiaomi terkait detail spesifikasinya. Xiaomi juga belum mengumumkan apakah benar kedua kode tersebut merujuk pada Xiaomi 12 dan Poco C4 untuk pasar Indonesia atau tidak.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/20/14000037/dua-smartphone-5g-xiaomi-segera-masuk-indonesia-xiaomi-12-lite-dan-poco-c4-

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.