Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Video: Review Samsung Galaxy S22 Plus Harga Rp 15 Jutaan, Semenarik Apa?

KOMPAS.com - Awal Februari lalu, Samsung resmi memboyong smartphone Galaxy S22 series terbarunya ke pasar Indonesia. Ada tiga model yang ditelurkan, yaitu Galaxy S22 "reguler", Galaxy S22 Plus, dan Galaxy S22 Ultra.

Dari ketiganya, KompasTekno berkesempatan untuk mengulas (review) varian Samsung Galaxy S22 Plus dengan RAM 8 GB dan penyimpanan internal sebesar 256 GB. Kurang lebih, kami mencobanya selama dua minggu sebagai daily driver atau perangkat utama sehari-hari.

Di Indonesia sendiri, ada dua varian Galaxy S22 Plus yang ditawarkan. Untuk harganya, Samsung membanderol Galaxy S22 Plus varian 8/128 GB seharga Rp 14.999.000. Sedangkan untuk model 8/256 GB, harganya dipatok Rp 15.999.000.

Ponsel ini juga merupakan penerus dari Samsung Galaxy S21 Plus yang dirilis tahun lalu. Sebagai suksesor, Galaxy S22 Plus membawa sejumlah peningkatan dibanding pendahulunya.

Dari segi chipset misalnya. Kini, Galaxy S22 Plus ditenagai oleh chipset terkuat dari Qualcomm yakni Snapdragon 8 Gen 1. Untuk pertama kalinya setelah delapan tahun, Samsung akhirnya menjual Galaxy S series varian chipset Snapdragon ke Indonesia.

Sebelumnya, Indonesia dan sebagian besar negara lain, kebagian model Galaxy S series varian chipset Exynos. Sementara varian chipset Snapdragon, biasanya dipasarkan di beberapa negara saja, salah satunya di Amerika Serikat.

Kendati demikian, modul kamera belakang dari Galaxy S22 Plus ini masih menganut desain yang sama dengan pendahulunya. Untuk urusan bodi, Galaxy S22 Plus memiliki sudutrounded (melengkung), bukan kotak seperti model Galaxy S22 Ultra.

Menariknya lagi, bagian bodi belakang maupun layarnya juga sudah dilindungi dengan Corning Gorilla Glass Victus. Frame yang mengelilingi bodi ponsel ini juga terbuat dari Armour aluminum. Sehingga untuk masalah durabilitas sudah tidak perlu diragukan lagi.

Sejauh yang KompasTekno coba, saat menggunakan ponsel dalam durasi yang cukup lama tangan tidak terasa pegal dan justru nyaman-nyaman saja. Terlebih, saat ponsel ini digunakan untuk mengambil gambar atau video dengan mengandalkan satu tangan.

Galaxy S22 Plus juga memiliki bodi yang cukup ramping dengan dimensi 157,4 x 75,8 x 7,6 mm dan berat 196 gram. Karena ukurannya yang lumayan tipis, ponsel ini nampak ringkas ketika dimasukkan ke dalam kantong jaket atau celana.

Ketika dipakai, layar ponsel ini terbilang nyaman digunakan untuk berbagai aktivitas, seperti menonton film atau streaming dengan durasi yang panjang, bermain game, atau melakukan multitasking di beberapa aplikasi.

Tingkat sensitivitas layar saat bermain game dan menggulir media sosial atau artikel lewat ponsel juga bisa dibilang sangat mulus. Hal ini lantaran layar Galaxy S22 Plus turut mendukung adaptive refresh rate 120 Hz.

Galaxy S22 Plus sendiri dibekali dengan tiga kamera belakang yang masing-masing beresolusi 50 MP (wide), 12 MP (ultrawide), dan 10 MP (telephoto).

Kamera utama 50 MP ini mampu menjepret objek yang cukup detail, baik di indoor, outdoor, ataupun di malam hari. Saturasi warnanya pun cukup akurat. Sementara jika digunakan untuk mengambil foto selfie, skin tone-nya juga natural.

Berdasarkan review yang sudah kami lakukan, kamera Galaxy S22 Plus ini bisa diandalkan untuk menjepret objek sehari-hari dengan beragam kondisi pencahayaan, baik di sore hari maupun di malam hari.

Dari segi daya, ponsel dengan baterai berkapasitas 4.500 mAh ini bisa dibilang cukup awet. Misalnya jika dipakai untuk bermain game seperti Free Fire, baterainya juga hanya berkurang sedikit yaitu sekitar 15 persen selama 30 menit pemakaian (dari 100 persen).

Lantas, seperti apa kinerja dan kemampuan lain yang dibawa Samsung Galaxy S22 Plus ini? Untuk mengetahui jawabannya, silakan tonton video Review Samsung Galaxy S22 Plus yang telah tayang di kanal YouTube Tech by Kompas berjudul "Tampilan Menarik, tapi Apakah Worth It? Review Samsung Galaxy S22 Plus Warna Pink Gold" melalui link berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/20/18000017/video-review-samsung-galaxy-s22-plus-harga-rp-15-jutaan-semenarik-apa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke