Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Kecepatan 5G Ponsel Xiaomi Ini Tembus 1 Gbps di Sirkuit Mandalika

Jaringan 5G tersebut pun dimanfaatkan KompasTekno untuk menjajal ponsel 5G baru Xiaomi yang kabarnya segera meluncur di Indonesia. Ponsel 5G terbaru Xiaomi ini adalah versi China yang unitnya didapatkan secara mandiri.

Pengalaman KompasTekno, ponsel ini dengan mudah menangkap sinyal 5G saat berada di area jangkauan, seperti di Bandara International Lombok, dan area sirkuit Mandalika.

Tentunya dengan SIM card yang telah terdaftar di jaringan 5G Telkomsel, seperti saat berada di tribun Zone B, di dekat tikungan pertama sirkuit MotoGP 2022.

Soal kecepatannya, ponsel yang telah mengusung chipset terbaru Qualcomm ini mampu mencapai kecepatan yang bervariasi. Namun performa puncaknya untuk unduh (download) adalah sekitar1.000-an Mbps atau 1 Gbps, dan unggah (upload) 70 Mbps, dengan latensi 13 ms.

Perlu dicatat bahwa ponsel ini adalah varian China, sehingga sertifikasi jaringannya kemungkinan berbeda dengan Dirjen SDPPI Kominfo.

Sebagai penunjang hardware, ponsel Xiaomi ini memiliki spesifikasi memori RAM dan ruang penyimpanan yang cukup besar. Ponsel ini juga telah menjalankan sistem operasi MIUI versi terbaru.

Nomor model ponsel ini telah terdaftar di situs TKDN Kemenperin. Dengan demikian, hampir bisa dipastikan ponsel 5G baru Xiaomi ini akan segera meluncur di pasar Indonesia.

Namun apakah spesifikasi hardware yang diusung akan sama dengan versi China atau tidak, belum diketahui. Xiaomi juga belum memberikan pengumuman resmi kapan ponsel ini akan diluncurkan di Indonesia.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/21/09000037/kecepatan-5g-ponsel-xiaomi-ini-tembus-1-gbps-di-sirkuit-mandalika

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke