Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

iOS 15.4 Dikeluhkan Bikin Boros Baterai, Apple Sebut Itu Normal

Sejumlah pengguna mengeluhkan baterai iPhone mereka yang cepat habis, setelah melakukan update ke sistem operasi iOS 15.4.

Masalah ini juga melanda iPhone 13 Pro Max yang dikategorikan sebagai salah satu perangkat iPhone dengan kapasitas baterai terbesar.

Sejumlah pengguna seri iPhone 13 mengaku bahwa perangkat miliknya hanya mampu bertahan selama setengah hari setelah update. Meski demikian, masalah tersebut tidak dialami semua pengguna.

Sebagian pengguna iPhone justru mengatakan hal yang sebaliknya. Alih-alih terkuras habis, baterai iPhone mereka menjadi lebih baik setelah memasang update iOS 15.4.

Tidak sedikit dari pengguna yang menyampaikan keluhan mereka melalui akun Twitter resmi Apple dengan handle @Apple dan @AppleSupport. Keluhan-keluhan tersebut turut disertai dengan tagar #Apple dan #ios15.4.

"Ya, (baterai) cepat terkuras setelah pembaruan iOS #ios15.4 #Apple," tulis akun Twitter dengan handle @jawadaq.

Melalui sebuah balasan yang ditujukan kepada akun @jawadaq, Apple menyampaikan bahwa masalah boros baterai yang dialami pengguna setelah memasang pembaruan iOS 15.4 adalah hal yang normal.

Pengguna disarankan untuk menunggu hingga 48 jam setelah melakukan update. Hal ini, menurut pihak Apple, aplikasi yang ada di ponsel perlu waktu untuk adaptasi dengan iOS 15.4.

Dalam kurun waktu tersebut, baterai iPhone mungkin akan cepat terkuras dan mengalami panas secara tiba-tiba. Namun, hal tersebut dinyatakan normal dan akan hilang seiring berjalannya waktu.

"Sangatlah normal bagi aplikasi dan fitur untuk melakukan penyesuaian hingga 48 jam setelah pembaruan," tulis pihak Apple.

Saat pembaruan OS baru dipasang, biasanya ponsel akan melakukan serangkaian tugas di background. Tugas-tugas ini termasuk kalibrasi baterai. Umumnya, dibutuhkan beberapa hari agar kalibrasi selesai.

Apple sendiri telah meluncurkan sejumlah pembaruan software untuk lini perangkat Apple sejak pekan lalu. Adapun pembaruan tersebut mencakup update iOS 15.4, iPadOS 15.4, dan macOS 12.3.

Melalui update iOS 15.4, Apple menghadirkan sejumlah fitur-fitur terbaru mencakup hadirnya 37 karakter emoji baru hingga dukungan adaptive triggers pada controller DualSense, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Gizchina, Rabu (23/3/2022).

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/23/16010017/ios-154-dikeluhkan-bikin-boros-baterai-apple-sebut-itu-normal

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke