Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tahukah Apa Game Termahal yang Pernah Terjual di Dunia?

KOMPAS.com - Bagi sebagian pengguna mungkin sepakat apabila game konsol PlayStation 5 (PS 5) memiliki harga yang cukup menguras kantong.

Rata-rata satu game PS 5 tersebut kini berada pada harga sekitar Rp 1 juta, sebagaimana dilansir laman resmi PlayStation Store. Kendati mungkin cukup menguras kantong, game konsol PS 5 bukanlah menjadi yang termahal di dunia.

Lantas, apa game termahal di dunia? Game termahal saat ini justru datang dari konsol lawas Nintendo, yang bahkan untuk satu kaset gamenya pernah terjual hingga puluhan miliar rupiah.

Capaian harga jual tersebut mungkin terdengar aneh untuk ukuran game konsol “jadul”, tapi kenyataannya berkata demikian. Game-game tersebut umumnya pernah terjual lewat balai lelang Auction Heritage, yang bermarkas di Texas, Amerika Serikat.

Dengan demikian, klaim game termahal di dunia tersebut, sumbernya juga dari Auction Heritage, yang mungkin bisa saja berbeda dengan lembaga atau institusi lain.

Sudah penasaran dengan game termahal di dunia yang pernah terjual? Berikut KompasTekno rangkumkan lima game termahal di dunia.

1. Super Mario Bros (Juli 2020)

Kaset game Super Mario Bros edisi pertama pernah terjual dengan harga 114 ribu dolar AS (sekitar Rp 1,6 miliar apabila menggunakan nilai kurs saat) pada Juli 2020.

Kaset tersebut mendapatkan skor 9,4 A+ (skala 0-10) dari Wata Games, perusahaan pengukur kondisi kaset game. Dengan kondisi masih tersegel, belum pernah dibuka dan dipakai, membuat harga kaset game ini bisa melambung tinggi.

2. Super Mario Bros 3 (November 2020)

Game termahal kedua yang pernah terjual adalah Super Mario Bros 3, yang dikeluarkan pada sekitar tahun 1988.

Kaset game Super Mario Bros 3 pernah terjual dengan harga 156 ribu dolar AS (sekitar Rp 2,2 miliar apabila menggunakan nilai kurs saat ini) pada November 2020. Salinan kaset game ini mendapat skor 9,2 A+ (skala 0-10) dari Wata Games.

Skor tersebut lebih tinggi daripada kebanyakan salinan kaset Super Mario Bros 3 lainnya, yang rata-rata berada pada skor 9,0.

Salah satu alasan utama kaset game ini bisa terjual dengan harga cukup fantastis itu karena desain kover boks kaset yang unik. Tangan karakter Super Mario sebagian tertutup dengan kata “Bros” di kover tersebut.

3. The Legend of Zelda (Juli 2021)

Kemudian, The Legend of Zelda salah satu pesaing game Super Mario Bros akhirnya bisa merebut posisi game termahal yang pernah terjual.

Salinan kaset game The Legend of Zelda yang dikeluarkan pada tahun 1987 berhasil terjual dengan harga 870 ribu dolar AS (Rp 12,4 miliar apabila menggunakan nilai kurs saat ini).

Penyebab harganya bisa melambung karena kaset tersebut merupakan edisi terbatas yang hanya dikeluarkan pada akhir tahun 1987, sebelum perusahaan pengembang game mengeluarkan edisi berikutnya yang menyesuaikan dengan perubahan konsol Nintendo.

4. Super Mario Bros 64 (Juli 2021)

Game Super Mario Bros memang mendominasi dalam jajaran game termahal yang pernah terjual di dunia. Tak berselang lama setelah The Legend of Zelda mencetak rekor sebagai game termahal, Super Mario Bros 64 berhasil merebutnya kembali.

Tepatnya pada tanggal 11 Juli 2021, game Super Mario Bros 64 berhasil terjual dengan harga 1,56 juta dolar AS (sekitar Rp 22,4 miliar apabila menggunakan nilai kurs saat ini).

Kaset yang dikeluarkan pada tahun 1996 tersebut mendapatkan skor 9,8 dari Wata Games. Artinya, kaset Super Mario Bros 64 tersebut punya kondisi segel dengan tingkat keutuhan yang sangat tinggi, hampir menyerupai kaset yang baru dibeli.

5. Super Mario Bros (Agustus 2021)

Rekor game harga termahal dari kaset Super Mario Bros 64 tak berselang lama ditumbangkan dengan salinan kaset lain dari Super Mario Bros generasi pertama.

Dikutip dari Cnet, salinan kaset game yang keluar tahun 1985 itu berhasil terjual dengan harga sebesar 2 juta dolar AS (sekitar Rp 28,7 miliar apabila menggunakan nilai kurs saat ini), pada Agustus 2021 dari situs penyedia barang koleksi, Rally.

Pihak Rally sendiri mengatakan telah membeli kaset game tersebut pada tahun 2020 dengan harga 140 ribu dolar AS (sekitar Rp 2 miliar bila menggunakan nilai kurs saat ini). Kemudian, salinan kaset Super Mario Bros itu ditawarkan ke kolektor di platform-nya.

Itulah lima game termahal yang pernah terjual di dunia, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/24/16150027/tahukah-apa-game-termahal-yang-pernah-terjual-di-dunia-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke