Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tips agar Video TikTok Masuk FYP dan Ditonton Lebih Banyak Orang

KOMPAS.com - Bagi para content creator TikTok, membuat video dengan menghasilkan banyak like dan komentar merupakan hal yang paling dinantikan.

Umumnya, video-video dengan jumlah suka dan komentar yang banyak akan masuk fitur FYP alias “For Your Page”.

FYP sendiri merupakan tab yang berisi kumpulan video pendek berdurasi 15 detik hingga lima menit yang muncul di timeline TikTok. Umumnya konten yang masuk FYP akan membuat engagement pengguna TikTok meningkat.

Bagi sebagian content creator, video yang masuk FYP merupakan hal yang paling dinantikan. Hal ini karena video yang masuk FYP berpotensi menggaet penonton lebih banyak.

Lantas bagaimana cara agar video TikTok masuk ke tab For Your Page (FYP) ini? Berikut ini KompasTekno akan rangkum sejumlah tips agar video masuk ke FYP:

Bagi sebagian pengguna, menggunakan hashtag (tagar) #fyp atau #foryourpage merupakan faktor utama agar video masuk ke tab FYP.

Namun, sebenarnya #fyp bukan merupakan hashtag andalan untuk membuat video Anda viral atau trending.

Sebaiknya, fokuslah menggunakan berbagai hashtag yang relevan dengan video konten yang dibuat.

Menggunakan hashtag yang relevan juga berpotensi video Anda lebih mudah ditemukan pengguna TikTok lain.

Selain itu, hindari menggunakan hashtag terlalu banyak. Berikan hashtag secukupnya dan tetap sematkan #fyp, tetapi jangan terlalu mengandalkannya.

Untuk menemukan hashtag yang relevan, Anda dapat klik fitur “Discover” > Hashtags >, kemudian ketikkan hashtag tertentu di kolom pencarian.

Nantinya Anda akan menemukan beberapa rekomendasi hashtag yang relevan dengan konten yang Anda buat.

Salah satu tips agar video TikTok masuk FYP adalah dengan menggunakan sound atau lagu yang sedang trending atau viral saat itu.

Beberapa video yang populer dan masuk FYP biasanya didominasi dengan sound-sound yang sedang naik daun.

Untuk menggunakan lagu yang sedang trending, terlebih dahulu unggah video Anda, masuk ke menu edit video, pada menu sound biasanya TikTok telah memiliki daftar lagu yang sedang viral. Kemudian pilih salah satunya.

Anda dapat membuat video TikTok yang sedang tren atau viral akhir -akhir ini. Beberapa video yang muncul di FYP umumnya didominasi dengan konten-konten yang sedang tren.

Nah, dengan begitu, Anda dapat membuat video dengan konten yang serupa, tetapi tetap berikan sentuhan orisinalitas dari karya Anda sendiri.

Untuk melihat referensi berbagai konten video yang sedang trending, pengguna dapat melihat di fitur "Discover" nantinya TikTok akan memunculkan berbagai challenge atau konten yang sedang viral saat itu. 

Buat caption atau judul yang menarik

Buat takarir (caption) yang menarik, ringkas, jelas, dan pendek. Jika memungkinkan, buatlah judul yang membuat penasaran. Hal tersebut berpotensi untuk membuat penonton tetap berada di halaman video Anda.

Contoh saja, mungkin Anda dapat menyematkan judul dengan kata tanya. Misal: "Bagaimana cara membuat daftar pustaka otomatis?" kemudian dilanjutkan dengan tutorial videonya. 

Kualitas video TikTok

Salah satu faktor yang memengaruhi konten TikTok masuk FYP adalah tentu kualitas video yang dibuat sangat bagus dan berkualitas. Selain lebih menarik, video yang dibuat semaksimal mungkin dan lebih berkualitas menjadi satu hal yang menarik bagi penonton.  

Anda dapat menggunakan fitur edit video yang sudah disediakan TikTok atau menggunakan berbagai aplikasi edit video lain, baik gratis maupun berbayar. 

Cara kerja FYP

Algoritma TikTok mengacu pada tiga kategori utama, yaitu interaksi yang dilakukan, informasi video, serta pengaturan akun.

Interaksi pengguna yang dimaksud adalah aktivitas pemilik akun mengenai konten apa yang mereka sukai, video yang rutin dibagikan, akun yang diikuti, komentar yang mereka berikan, dan konten yang diunggah.

Sedangkan informasi video dapat mencakup keterangan, misalnya seperti caption, suara, dan hashtag yang digunakan.

TikTok akan menggabungkan informasi tersebut kemudian menyesuaikan pengaturan smartphone dan akun pengguna seperti preferensi bahasa, negara, serta jenis perangkat yang digunakan, sebagaimana dirangkum dari situs Neilpatel yang mengulas tentang informasi SEO dan digital marketing.

Kemudian, algoritma TikTok akan bekerja menyajikan konten di FYP menurut informasi yang diperoleh dari setiap pengguna tersebut.

Semakin sering interaksi dan semakin banyak pengguna TikTok lain yang Anda ikuti maka semakin akurat penilaian algoritma tentang preferensi Anda.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/26/08020057/tips-agar-video-tiktok-masuk-fyp-dan-ditonton-lebih-banyak-orang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke