Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menggunakan VPN di Laptop Windows

Hal tersebut bisa jadi karena situs memang dibatasi atau memang sengaja diblokir. Untuk mengaksesnya, pengguna dapat memanfaatkan Jaringan Pribadi Virtual atau VPN.

Virtual Private Network (VPN) merupakan jaringan privat yang menggunakan koneksi virtual untuk menghubungkan penggunanya ke internet melalui server yang disediakan penyedia VPN tersebut.

Dilansir dari Kaspersky, terdapat beberapa kegunaan VPN lainnya yaitu:

VPN sendiri dapat diaktifkan melalui laptop maupun smartphone tergantung kebutuhan masing-masing pengguna.

Untuk Anda yang ingin mengaktifkan VPN lewat laptop bebrasis Windows, berikut ini KompasTekno rangkum cara menggunakan VPN di laptop khususnya untuk pengguna Windows.

Cara kerja VPN

Adapun cara kerja VPN adalah ketika mengaktifkan VPN, maka server akan memberikan IP Adress baru kepada pengguna. Kegiatan tersebut membuat pembentukan saluran antara pengguna dengan server.

Selanjutnya data pengguna akan dikirim ke server VPN untuk dienskripsi sebelum dikirim kembali ke internet sehingga arus lalu-lintas data tersembunyi oleh pihak lain.

Dalam kerjanya, VPN dapat menggunakan beberapa jenis protokol berbeda seperti PPTP, IPSec, L2TP, dan lainnya. VPN dapat memungkinkan orang untuk mengakses situs yang diblokir oleh pemerintah.

Namun perlu diwaspadai, bagi pengguna VPN gratisan harus berpikir ulang, sebab pihak ketiga (hacker) dapat mencuri data penggunanya. Itulah cara menggunakan VPN di Windows, semoga membantu. 

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/26/12000027/cara-menggunakan-vpn-di-laptop-windows-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke