Salin Artikel

3 Cara Daftar Vaksin Booster Online untuk Syarat Mudik Lebaran 2022

KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo baru saja mengumumkan bahwa masyarakat dipersilakan untuk mudik lebaran tahun ini, asalkan telah memenuhi sejumlah syarat tertentu.

Ada pun syarat mudik lebaran 2022 adalah telah mendapatkan vaksin lengkap, dua kali vaksin primer (dosis pertama dan kedua) dan booster (dosis ketiga), serta menerapkan protokol kesehatan yang ketat.

Jadi, masyarakat yang telah melaksanakan vaksinasi secara lengkap yang diperbolehkan untuk melakukan mudik lebaran 2022. Untuk itu, bagi masyarakat yang telah mendapat vaksin primer perlu melengkapinya dengan booster supaya bisa pulang kampung.

Vaksin booster bisa didapat dengan melakukan pendaftaran program vaksinasi dulu melalui beberapa platform online, seperti aplikasi PeduliLindungi, website PeduliLindungi, serta aplikasi JAKI (Jakarta).

Cara daftar vaksin booster online melalui ketiga platform tersebut umumnya membutuhkan syarat berupa:

  • Berusia 18 tahun ke atas
  • Telah menerima vaksin dosis kedua minimal 3 bulan sebelumnya
  • Telah mendapatkan tiket vaksinasi booster

Bagi Anda yang telah memenuhi syarat di atas dan belum melaksanakan vaksinasi booster, berikut cara daftar vaksin booster untuk syarat mudik lebaran 2022

Cara daftar vaksin booster lewat aplikasi PeduliLindungi

  • Buka aplikasi PeduliLindungi di ponsel Anda, jika belum memilikinya silakan unduh dulu lewat toko aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone)
  • Pastikan login menggunakan akun Anda, dengan memasukkan nama lengkap dan NIK.
  • Klik ikon foto profil yang berada di pojok kiri bagian atas layar aplikasi
  • Klik opsi “Status Vaksinasi & Hasil Tes Covid-19”
  • Apabila muncul pesan “Anda berhak vaksinasi ke-3”, berarti Anda bisa melakukan vaksinasi ketiga
  • Kunjungi fasilitas kesehatan (faskes) yang terdekat di wilayah Anda untuk mendaftar dan melaksanakan vaksinasi ketiga, dengan menunjukkan pesan tersebut ke petugas
  • Untuk mencari faskes terdekat, silakan kunjungi laman ini https://covid19.go.id/faskesvaksin, masukkan provinsi dan kota tempat domisili Anda.

Cara daftar vaksin booster lewat aplikasi JAKI

Perlu diketahui, JAKI (Jakarta Kini) merupakan aplikasi sistem informasi yang dikembangkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta. Jadi, pelaksanaan vaksinasi booster yang dikelola aplikasi JAKI diperuntukkan khusus di wilayah DKI Jakarta.

Untuk bisa daftar vaksinasi ketiga lewat aplikasi JAKI, membutuhkan juga tiket vaksin booster yang terintegrasi di PeduliLindungi. Selengkapnya, simak cara daftar vaksin booster lewat aplikasi JAKI, sebagai berikut:

Apabila Anda belum mendapat tiket vaksin dosis ketiga, periksalah secara berkala di PeduliLindungi. Itulah tiga cara daftar vaksin booster untuk syarat mudik lebaran 2022, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/26/19150017/3-cara-daftar-vaksin-booster-online-untuk-syarat-mudik-lebaran-2022

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.