Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Voice Message WhatsApp Ditingkatkan, Ini 6 Fitur yang Bakal Hadir

KOMPAS.com - WhatsApp bakal meluncurkan enam fitur baru yang fokus untuk meningkatkan pengalaman perpesanan suara (voice message).

Fitur-fitur WhatsApp terbaru untuk voice message itu diluncurkan karena WhatsApp menilai pengguna kini banyak yang menggunakan pesan suara untuk berkomunikasi, lantaran lebih bisa mengutarakan ekspresi mereka. 

Bahkan, WhatsApp mengeklaim pihaknya mengirimkan sekitar tujuh miliar pesan suara setiap harinya, jika dihitung secara rata-rata.

Menurut WhatsApp, fitur-fitur baru pesan suara tadi bakal bisa dirasakan pengguna umum dalam beberapa minggu ke depan. Lantas, apa saja fitur-fitur tersebut? Simak informasinya dalam daftar berikut ini.

1. Fast Playback

Fast Playback memungkinkan pengguna memutar pesan suara yang mereka dengan dengan kecepatan 1,5 hingga 2 kali lipat.

Fitur ini berguna untuk mencari informasi penting dalam pesan suara yang sedang didengar, terlebih apabila durasinya cukup panjang.

Sebelumnya, pengguna hanya bisa memutar pesan suara dan tidak bisa mempercepatnya. Apabila ingin mencari informasi penting, mereka harus lompat ke titik atau detik/menit tertentu dalam sebuah pesan suara.

2. Out of Chat Playback

Out of Chat Playback memungkinkan pengguna untuk mendengar pesan suara sembari membalas pesan WhatsApp lain atau membuka aplikasi lainnya.

Fitur ini berguna apabila pengguna mendengarkan pesan suara yang cukup panjang dan mereka ingin tetap melanjutkannya sambil membuka aplikasi lain, seperti layaknya mendengarkan musik atau audiobook.

Sebelumnya, pesan suara hanya bisa didengar apabila pengguna tetap membuka jendela percakapan yang menjadi sumber dari pesan suara tersebut.

3. Waveform Visualization

Waveform Visualization memungkinkan pengguna melihat tampilan gelombang visual untuk melihat apakah pesan suara yang mereka dengar memiliki suara tinggi atau rendah.

Jika suara cukup keras, misalnya, tampilan gelombang akan naik, sedangkan apabila suaranya kecil, maka gelombang akan nyaris berbentuk datar.

Sebelumnya, pengguna tidak bisa melihat visual bergelombang ini di tampilan progres pemutaran (playback) pesan suara, dan mereka hanya akan melihat progres playback yang berbentuk garis datar.

4. Remember Playback

Remember Playback memungkinkan pengguna menjeda pesan suara yang mereka dengar dan melanjutkannya kembali tanpa harus memulainya dari ulang, meski sudah keluar dari aplikasi WhatsApp.

Fitur ini berguna jika pesan suara yang didengar memiliki durasi cukup panjang, namun ada berbagai kepentingan mendesak yang harus dilakukan pengguna.

Sebelumnya, pengguna harus memainkan pesan suara dari awal dan tidak bisa menjeda pesan suara yang sedang didengar apabila mereka beranjak dari jendela percakapan yang menjadi sumber pesan suara tersebut.

5. Draft Preview

Draft Preview memungkinkan pengguna meninjau ulang hasil rekaman pesan suara mereka sebelum dikirimkan ke pengguna lain.

Fitur ini bisa dibilang berguna untuk melihat apakah pesan suara yang kita rekam memiliki kesalahan pengucapan yang bisa bikin pengguna lainnya keliru atau tidak.

Sebelumnya, pesan suara tidak bisa didengar terlebih dahulu dan bakal dikirimkan secara otomatis apabila proses rekaman selesai. 

6. Pause and Resume Recording

Pause and Resume Recording memungkinkan pengguna menjeda proses rekaman dan memulainya kembali sesuai dengan keinginan pengguna.

Fitur ini berguna apabila pengguna ingin menghentikan perekaman ketika suara sedang bising, bingung memilih rangkaian kata, atau ingin melakukan suatu keperluan mendesak.

Sebelumnya, pesan suara yang direkam bakal langsung dikirim dan tidak bisa dijeda. Untuk saat ini, pengguna yang telanjur merekam suara mereka dan mengirimnya harus menghapus pesan tersebut dan mengulang proses rekaman kembali.

https://tekno.kompas.com/read/2022/03/31/16030077/voice-message-whatsapp-ditingkatkan-ini-6-fitur-yang-bakal-hadir

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke