Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Intel Umumkan Intel Arc A-Series, GPU Desktop Pesaing AMD dan Nvidia

Kehadiran Intel Arc A-Series akan meramaikan persaingan GPU eksternal yang dalam dua dekade ini didominasi AMD dan Nvidia.

Di segmen desktop, wujud GPU pertama dari Intel A-Series pun dipamerkan dalam sebuah video singkat yang durasinya kurang dari satu menit.

Berdasarkan video tersebut, tampilan GPU Intel A-Series perdana untuk segmen desktop ini sekilas mirip dengan mayoritas GPU lainnya besutan Nvidia dan AMD yang memiliki form factor persegi panjang.

GPU ini tampak dibalut dengan warna hitam yang elegan dan dilengkapi dengan tulisan "Intel Arc" dan "Intel Arc Limited Edition", sehingga ada kemungkinan GPU ini bakal dirilis dalam jumlah yang terbatas.

Meski desainnya diumbar, Intel belum membeberkan spesifikasi GPU desktop pertama dan terbarunya ini.

Namun apabila mengacu pada video, GPU Intel Arc ini dibekali dengan dua buah kipas, ditemani dengan satu buah port HDMI dan tiga buah port DisplayPort.

Selain memamerkan GPU discrete untuk segmen desktop, Intel juga mengumumkan tiga seri terbaru yang bakal menjadi produk GPU Intel A-Series untuk segmen laptop, yaitu Intel Arc 3, Arc 5, dan Arc 7.

Intel Arc 3 ditujukan untuk meningkatkan pengalaman gaming di pasar konvensional, alias 1080p sekaligus untuk menunjang kinerja para kreator konten.

Intel menyebut ada dua model yang bakal berada di bawah Intel Arc 3, yaitu Intel Arc A350M yang dirancang khusus untuk laptop super tipis (ultra thin), serta A370M untuk laptop yang tipis yang memiliki performa tinggi (thin and light).

Intel tidak menyebut model apa saja yang bakal berada di bawah seri Intel Arc 5 dan Arc 7.

Namun, mereka mengeklaim kedua seri GPU laptop ini akan menawarkan kemampuan kreasi konten jempolan yang mengandalkan performa grafis dan kinerja komputasi yang mumpuni.

Selain itu, kedua seri GPU laptop ini juga disebut bakal dibekali dengan inti GPU (Xe core) yang lebih banyak dari GPU discrete Intel Arc 3, serta dilengkapi dengan fitur ray tracing dan video memory (VRAM) berjenis GDDR6.

Baik Intel Arc 3, Arc 5, hingga Arc 7 bakal mendukung fitur DirectX 12 Ultimate dan fitur ray tracing yang mengandalkan teknologi Xe Super Sampling (XeSS).

Ada pula dukungan fitur Intel Deep Link yang memungkinkan kinerja GPU Intel Arc A-Series dipadukan dengan performa CPU bermerek Intel, sehingga diklaim bisa memberikan kinerja game, video editing, dan streaming yang maksimal.

Intel mengeklaim bahwa aneka laptop pertama dengan GPU discrete Intel Arc 3 sudah bisa ditemukan pengguna di pasaran dan dipesan mulai hari ini.

Sementara itu, GPU discrete Intel Arc 5 dan Arc 7, begitu juga GPU Intel Arc untuk segmen desktop dan add-in card, bakal tersedia sekitar pertengahan 2022 mendatang.

Belum diketahui berapa harga produk GPU Intel A-Series untuk segmen desktop, begitu juga berapa model nantinya yang bakal hadir dalam seri GPU desktop perdana Intel tersebut. Kita nantikan saja.

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/01/07212637/intel-umumkan-intel-arc-a-series-gpu-desktop-pesaing-amd-dan-nvidia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke