BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Oppo
Salin Artikel

Suka Mobile Photography? 5 Fitur Fotografi Ini Wajib Ada di Smartphone

KOMPAS.com – Kehadiran kamera pada ponsel menumbuhkan genre baru di dunia fotografi, yakni mobile photography. Seiring perkembangan teknologi, hasil jepretan pencinta mobile photography tidak dapat dianggap sebelah mata.

Bahkan, hasil foto mereka sudah bisa disandingkan dengan fotografer yang menggunakan kamera digital single lens reflex (DSLR).

Hal tersebut tak lepas dari inovasi teknologi yang dihadirkan pada kamera smartphone. Sebagai contoh, teknologi artificial intelligence (AI). Berkat teknologi kecerdasan buatan, kamera pada smartphone dapat menghasilkan foto yang jernih, tajam, dan detail.

Adapun teknologi AI disematkan di sejumlah fitur fotografi pada smartphone terkini. Bila ingin menekuni mobile photography atau membuat konten video, kamu perlu melengkapi diri dengan smartphone yang dilengkapi 5 fitur fotografi berikut.

1. Selfie HDR

Smartphone terkini biasanya sudah dibekali kamera depan beresolusi tinggi untuk menunjang aktivitas swafoto atau selfie. Meski demikian, kamera tersebut belum cukup untuk menghasilkan swafoto jernih dan detail. Kamu perlu pula memperhatikan fitur Selfie HDR pada smartphone.

Fitur tersebut telah dilengkapi teknologi AI yang dapat menyesuaikan subyek foto dan lingkungan sekitar. Fitur Selfie HDR dapat mengoptimalkan kecerahan hasil foto secara otomatis, terutama saat berswafoto dengan latar cahaya kuat ataupun minim.

Dengan demikian, foto selfie yang dihasilkan pun menjadi lebih jelas.

2. Bokeh Flare Portrait

Fitur berikutnya adalah Bokeh Flare Portrait. Fitur ini merupakan favorit pencinta foto bokeh. Pasalnya, melalui fitur tersebut, fotografer sudah bisa membuat foto bokeh selayaknya menggunakan kamera DSLR.

Hasil foto bokeh didapat dengan memanfaatkan kecerdasan buatan yang disematkan pada fitur tersebut. Saat memotret, algoritma AI akan memisahkan subyek foto dengan latar belakang.

Subyek foto dipotret secara detail dan tajam. Sementara itu, latar belakang dibuat kabur menjadi bola-bola cahaya oleh AI. Alhasil, foto bokeh yang indah pun bisa diciptakan melalui kamera smartphone.

3. Portrait Retouching

Pencinta foto model wajib memperhatikan keberadaan fitur Portrait Retouching saat memilih smartphone untuk mobile photography. Sebab, fitur ini bisa mendeteksi lebih dari 390 titik deteksi wajah pada subyek foto yang dapat memperindah wajah subyek foto secara alami dan tidak berlebihan.

Dengan begitu, foto model yang dihasilkan menjadi lebih “cantik”. Potensi kecantikan subyek foto pun bisa ditampilkan tanpa kentara seperti hasil editing.

Portrait Retouching bekerja dengan memperbaiki warna kulit atau riasan. Fitur ini juga dapat melakukan penghapusan noda pada wajah, seperti noda bekas jerawat.

4. Ultra-Clear 108MP

Fitur Ultra-Clear 108MP juga wajib ada di smartphone yang digunakan untuk mobile photography. Melalui fitur berteknologi AI tersebut, kualitas foto yang dihasilkan dapat detail dan tajam.

Fitur tersebut bekerja dengan melakukan penyesuaian pada setiap lapisan gambar sampai satuan terkecil subpiksel untuk koreksi warna, ketajaman, pengurangan noise, serta dynamic range.

Dengan demikian, gambar yang dihasilkan menjadi lebih jernih dan tajam layaknya jepretan kamera profesional. Saat diperbesar beberapa kali, foto tetap tajam dan detail, tanpa blur atau pecah.

Karena tidak pecah saat diperbesar dan memiliki ukuran jumbo, hasil foto melalui fitur tersebut cocok untuk dicetak pada media berukuran besar, seperti spanduk, baliho, serta billboard.

5. Microlens

Fitur lain yang tak boleh dilewatkan adalah Microlens. Fitur ini memungkinkan penggunanya dapat merekam dunia mikroskopis melalui perbesaran 15 hingga 30 kali.

Salah satu smartphone yang memiliki fitur Microlens untuk mengambil gambar makro adalah Oppo Reno7.

Saat fitur Microlens diaktifkan, smartphone teranyar Oppo tersebut akan menampilkan skala milimeter secara otomatis pada layar untuk membantu pengguna memahami lebih baik perspektif baru dunia mikro.

Selain itu, fitur Orbit Light yang mengelilingi Microlens juga akan menyala. Orbit Light berfungsi memberi pencahayaan untuk menghasilkan gambar yang terang secara merata.

Seperti diketahui, fotografi makro membutuhkan cahaya terang. Orbit Light mampu menerangi obyek sehingga lebih mudah difoto dalam skala milimeter.

Selain itu, Orbit Light didesain dengan bentuk bulat untuk membantu pengguna lebih fokus ke obyek saat melakukan foto makro.

Itulah lima fitur fotografi yang harus ada pada smartphone terkini untuk kebutuhan mobile photography. Semua fitur tersebut terdapat pada Oppo Reno7.

Untuk melengkapi kelima fitur fotografi tersebut, Oppo Reno7 juga sudah dibekali fitur Ultra-Sensing Selfie melalui sensor IMX709 hasil kolaborasi Oppo dengan Sony.

IMX709 memiliki sensor red, green, blue, dan white (RGBW) dengan algoritma quadra binning hasil pengembangan Oppo. Lewat sensor ini, Oppo Reno7 mampu menangkap 60 persen lebih banyak cahaya ketimbang sensor red, green, and blue (RGB).

Sensor tersebut juga dapat membantu mengurangi gangguan saat pengambilan foto dan video selfie hingga 35 persen. Dengan demikian, hasil jepretan gambar menjadi lebih jelas dan cerah, meski pada kondisi minim cahaya.

Kehadiran sensor IMX709 pada kamera swafoto beresolusi 32 megapiksel (MP) itu pun semakin mempertegas keandalan kamera depan Oppo Reno7.

Untuk kamera belakang, Oppo Reno7 dibekali tiga kamera dengan konfigurasi kamera utama 64 MP, kamera mikro 2 MP, dan kamera makro 2 MP.

Selain unggul pada aspek kamera dan fitur fotografi, Oppo Reno7 juga membawa berbagai keunggulan lain. Dari segi desain, smartphone ini hadir dengan bentuk ultraramping dan klasik berkat penggunaan fiberglass leather design. Hal ini membuat Oppo Reno7 nyaman saat digenggam.

Selanjutnya, Oppo Reno7 dibekali layar AMOLED berukuran 6,4 inci dengan refresh rate 90 hertz (Hz) dan sampel sentuh (touch sampling rate) 180 Hz. Spesifikasi ini mampu menghasilkan respons tinggi dan scrolling yang lebih mulus.

Untuk dapur pacu, Oppo Reno7 dibekali prosesor Qualcomm Snapdragon 680 4G. Sementara di aspek memori, Oppo Reno7 memiliki random access memory (RAM) 8 gigabita (GB) dengan opsi ekspansi hingga 5 GB dan ruang penyimpanan data internal sebesar 256 GB.

Dengan spesifikasi tersebut, Oppo Reno7 dapat melakukan berbagai aktivitas, mulai dari bermain game, multimedia, serta multitasking.

Oppo Reno7 memiliki kapasitas baterai sebesar 4.500 miliampere per hour (mAh). Baterainya dibekali dengan teknologi pengisian daya cepat 33 watt (W) SuperVOOC.

Sebagai informasi, Oppo Reno7 memiliki harga Rp 5.199.000. Kamu bisa mendapatkan Oppo Reno7 ini dengan paket bundling eksklusif Telkomsel.

Bundling tersebut terdiri atas paket data hingga 192 GB, diskon pembayaran Rp 800.000, serta cashback Rp 100.000 untuk pembelian bundling Oppo Watch Free.

Kamu bisa memesan Oppo Reno7 secara daring di seluruh e-commerce di Indonesia dan aplikasi Oppo Store. Sementara, untuk pemesanan offline, kamu bisa membelinya di jaringan Oppo Store dan partner retail resmi Oppo di seluruh Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Oppo Reno7, Anda bisa klik tautan ini.

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/04/15310037/suka-mobile-photography-5-fitur-fotografi-ini-wajib-ada-di-smartphone

Bagikan artikel ini melalui
Oke