Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Nokia Edge 2022 Hanya Angan-angan Fans?

Kini, tidak sedikit konten video di TikTok yang menampilkan gambar yang diduga merupakan bocoran dari wujud Nokia Edge 2022. Yang membuat Nokia Edge 2022 ramai diperbincangkan adalah desainnya yang terlihat mirip dengan iPhone 12 atau iPhone 13.

Namun, bocoran render gambar yang beredar terlihat tidak konsisten, lantaran menampilkan wujud yang berbeda-beda antara satu video dengan video lainnya.

Bocoran render gambar Nokia Edge 2022 dapat ditemukan di kolom pencarian TikTok dengan memasukkan kata kunci seperti "Nokia Edge 2022" atau "Nokia Edge mirip iPhone".

Hanya dalam hitungan milidetik, pengguna akan langsung menjumpai sederet video yang menampilkan sosok yang disinyalir merupakan Nokia Edge 2022.

Salah satunya seperti yang ditampilkan melalui video ini. Video yang telah ditonton hampir 20 juta kali tersebut menampilkan dua gambar render Nokia Edge 2022.

Gambar pertama menunjukkan tampak belakang ponsel yang dihiasi modul kamera dengan tiga lensa besar alias "boba", yang khas seperti yang dimiliki iPhone 12 atau iPhone 13.

Masih di bagian belakang ponsel, tertera tulisan "Nokia" yang mengindikasikan dugaan bahwa ponsel tersebut merupakan salah satu anggota perangkat milik Nokia.

Sedangkan gambar kedua menampilkan render yang sedikit berbeda. Pada bocoran gambar yang satu ini, Nokia Edge 2022 terlihat hadir dengan pilihan merah dan biru.

Di bagian punggungnya, terdapat modul kamera yang disusun secara zig-zag ala iPhone 12 atau iPhone 13. Perbedaan lain dapat ditemukan di bagian desain logo, di mana tulisan "Nokia" dibingkai dengan lingkaran putih.

Sementara di video ini, bocoran gambar Nokia Edge 2022 nampak terlihat memiliki pilihan warna yang lebih beragam yakni hijau, hitam, dan krem.

Selain menampakkan bagian punggung, tidak sedikit video yang juga memamerkan bagian depan ponsel, meski nampak cukup bervariatif.

Beberapa gambar render menampilkan bagian depan Nokia Edge 2022 yang konon akan dihiasi poni lebar seperti iPhone X.

Sebaliknya, di video lain Nokia Edge 2022 justru nampak dihiasi lubang kamera kecil di tengah seperti Galaxy S22 series, ada juga yang tanpa "notch" atau lubang kamera.

Layaknya kabar rumor kebanyakan, bocoran gambar render yang beredar dapat bervariasi karena masih belum dipastikan kebenarannya. Namun, rumor kali ini terlihat simpang-siur sebab umumnya tidak banyak versi bocoran yang berbeda.

Tidak hanya terjadi pada bocoran render gambar saja, informasi seputar bocoran spesifikasi Nokia Edge 2022 juga terlihat tidak konsisten.

Bahkan ada yang mengeklaim bahwa Nokia Edge 2022 bakal diluncurkan dengan membawa chipset Snapdragon 898 5G.

Informasi tersebut jelas sangat menyimpang, mengingat chipset tersebut belum dikonfirmasi kehadirannya oleh Qualcomm.

Terlebih lagi, Qualcomm telah merilis Snapdragon 8 Gen 1 sebagai penerus dari Snapdragon 888, sekaligus mengakhiri sistem penomoran seri chipset lawas.

Hingga saat ini, bocoran soal Nokia Edge 2022 hanya santer di lini masa pengguna media sosial Indonesia. Bahkan pembocor ulung seperti Ice Universe atau Ming-Chi Kuo yang biasa membagikan informasi seputar perangkat terbaru Apple masih belum mengonfirmasi rumor yang beredar.

Dari banyaknya spekulasi render desain Nokia Edge 2022 yang beredar, tidak menutup kemungkinan bahwa rumor tersebut hanya karangan dongeng yang sengaja dibuat untuk menghibur penggemar Nokia. Hal ini bukanlah hal baru dan sudah cukup banyak dilakukan.

Memanfaatkan tren

Meski masih belum jelas, namun rumor terkait Nokia Edge 2022 telah disambut dengan euforia dari warganet asal Indonesia. Bahkan tidak sedikit yang menanti-nantikan kedatangan ponsel anyar ini.

Selain marak dibahas di TikTok, tidak sedikit konten kreator yang juga membahas ulasan dan teori liar melalui jejaring YouTube. Rumor Nokia Edge 2022 juga sampai di media sosial Facebook.

Bahayanya, tidak sedikit oknum tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan momen ini untuk mempromosikan marketplace mereka.

Beberapa afiliator terlihat sengaja menyertakan tautan (link) afiliasi Nokia Edge 2022 yang justru merujuk pada suatu marketplace.

Untuk diketahui, afiliator marketplace akan mendapat komisi ketika terjadi transaksi lewat tautan yang dibagikan.

Tanggapan HMD Global

Lantas apakah dengan Nokia Edge 2022, nama Nokia akan bangkit kembali setelah pernah berjaya di era 90-an sampai awal tahun 2000-an?

Terkait rumor yang beredar, HMD Global selaku pemegang lisensi yang menaungi produk Nokia, enggan untuk memberikan komentar atas rumor Nokia Edge 2022.

"Kami tidak dapat mengomentari rumor atau spekulasi tentang hal ini," jelas perwakilan HMD melalui e-mail yang diterima KompasTekno, Senin (4/4/2022).

Selain itu, HMD Global selaku pemegang lisensi merek Nokia juga telah menegaskan bahwa pihaknya tidak berencana meluncurkan smartphone flagship di bawah merek Nokia.

Alih-alih ponsel flagship, HMD Global memilih fokus menawarkan ponsel fitur (feature phone), serta smartphone kelas entry-level dan mid-range yang harganya lebih murah.

"Membuat ponsel seharga 800 dollar AS (sekitar Rp 11,3 juta) tidak masuk akal bagi kami saat ini. HMD tidak ingin terlibat dalam perang spesifikasi besar-besaran dengan pemain lain," kata Adam Ferguson, Kepala Pemasaran Produk HMD Global.

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/05/14320037/nokia-edge-2022-hanya-angan-angan-fans

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke