Salin Artikel

Menjajal Fitur Pencerah Layar Galaxy S22 Ultra, Benar Berguna atau Cuma Gimik?

KOMPAS.com - Samsung Galaxy S22 Ultra dibekali dengan satu fitur andalan di sektor layar, di mana panel ponsel tersebut kini mengadopsi teknologi anyar yang dijuluki "Vision Booster".

Samsung mengeklaim teknologi ini mempu membuat layar lebih terang ketika dipakai di bawah sinar matahari. Sehingga konten-konten yang ditampilkan masih bisa dilihat dengan jelas kendati berada di bawah terik matahari.

Untuk membuktikan klaim tersebut, KompasTekno sempat menjajal kebolehan layar Galaxy S22 Ultra di gelaran MotoGP Mandalika pada 18-20 Maret lalu.

Kala itu, cuaca di sana, terutama pada Sabtu (19/3/2022), sangat cerah dengan intensitas sinar matahari yang cukup silau. Lantas, bagaimana hasilnya?

Sesaat layar terpapar sinar matahari, teknologi Vision Booster di Galaxy S22 Ultra tampak langsung bekerja dengan sendirinya. 

Ketika layar ponsel menampilkan video streaming di Sirkuit Mandalika, misalnya, kami bisa melihat beragam detail di dalam video, seperti motor, detail sirkuit, urutan pebalap, dan lain sebagainya dengan cukup jelas.

Menurut Samsung, hal ini bisa tercipta lantaran teknologi Vision Booster memadukan tingkat kecerahan layar Galaxy S22 Ultra yang mencapai 1.750 nits dengan algoritma penyesuaian kontras dan warna dan tingkat kecerahan di kondisi sekitar.

Untuk membuktikannya lebih lanjut, kami juga sempat membandingkan pemakaian layar Galaxy S22 Ultra dengan Galaxy A53 5G di kondisi yang sama, sebagaimana ilustrasi gambar di bawah.

Bisa dilihat, layar Galaxy S22 Ultra mampu menampilkan konten yang bisa ditonton dengan lebih jelas dibanding layar Galaxy A53 5G yang hanya memiliki tingkat kecerahan 800 nits.

Selain untuk kegiatan menonton tayangan live streaming, kami juga menjajal layar Galaxy S22 Ultra untuk bermain game dan berselancar di internet menggunakan peramban (browser) Chrome.

Pada saat dipakai untuk bermain game Genshin Impact, seluruh elemen visual yang ditampilkan di layar, seperti sejumlah menu di dalam game, serta karakter dan lingkungan sekitarnya masih bisa dilihat dengan cukup jelas.

Sementara itu ketika dipakai untuk browsing, konten-konten yang ditampilkan juga masih bisa dilihat dengan baik dan aneka teks yang ditampilan masih bisa terbaca dengan jelas, sebagaimana ilustrasi gambar berikut.

Dengan berbagai pengujian ini, kami bisa simpulkan bahwa teknologi Vision Booster yang menjadi salah satu nilai jual utama Galaxy S22 Series termasuk Galaxy S22 Ultra, benar-benar bisa dirasakan pengguna dan bukan gimik semata.

Bahkan, penguna bisa menggunakannya secara langsung tanpa mengotak-atik pengaturan layar.

Sehingga, pengguna ponsel ini tak perlu khawatir apabila mereka terpaksa memakai ponsel di bawah sinar matahari terik atau di dalam ruangan dengan kondisi pencahayaan yang sangat silau.

Selain cukup terang, layar Galaxy S22 Ultra juga terbilang cukup luas, gesit, dan memiliki warna yang ciamik.

Ponsel ini mengadopsi layar Dynamic AMOLED 2x berukuran 6,8 inci yang memiliki resolusi WQHD Plus, refresh rate 120 Hz, serta dukungan HDR10 Plus untuk mempertajam kualitas warna dan kontras pada konten yang ditampilkan.

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/06/08000087/menjajal-fitur-pencerah-layar-galaxy-s22-ultra-benar-berguna-atau-cuma-gimik-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.