Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Twitter Benar-benar Siapkan Tombol "Edit Tweet"

Pada 2022 ini, keinginan tersebut tampaknya akan benar-benar terwujud. Pasalnya, Twitter mengungkapkan bahwa pihaknya sebenarnya sudah sejak tahun lalu mengerjakan fitur tombol edit ini.

Nah, dalam beberapa bulan mendatang, Twitter akan menguji fitur tombol edit ini untuk kepada pengguna layanan berbayar Twitter, yaitu Twitter Blue.

Hal ini diungkapkan langsung oleh Twitter melalui akun dengan handle @TwitterComms.

"Kami memulai pengujian (edit button) di dalam @TwitterBlue Lab dalam beberapa bulan mendatang untuk mempelajari apa yang berhasil, apa yang tidak, dan apa yang memungkinkan," tulis @TwitterComms.

Kendati demikian, Twitter menegaskan bahwa pihaknya serius dan tidak bercanda ketika mengatakan sedang menyiapkan fitur tombol edit.

Dalam sebuah twit terpisah, Twitter juga sudah memberikan ilustrasi untuk peletakan fitur edit button ini.

Dalam video GIF, pengguna bisa menemukan fitur ini dengan mengeklik tombol titik tiga (more) yang ada di pojok kanan atas twit, lalu klik opsi "edit tweet".

Namun, Twitter masih belum menjelaskan bagaimana skema atau ketentuan penggunaan fitur "edit tweet" tersebut. Mengingat fitur ini baru akan diuji coba dalam beberapa bulan ke depan.

Namun, ide utamanya, dengan adanya fitur edit button, pengguna Twitter tetap bisa memperbaiki dan mengoreksi kesalahan dalam twitnya, tanpa harus mengorbankan balasan, retweet, atau tanda suka (like) yang sudah diperoleh sebelumnya.

Kesalahan twit yang dapat dikoreksi dengan fitur ini mulai dari kesalahan tata bahasa, salah ketik (typo), link yang mati atau tidak berfungsi, hingga mengoreksi kata-kata kasar yang mungkin ditulis ketika pengguna sedang emosi.

Selama ini, satu-satunya cara untuk mengoreksi dan memperbaiki twit adalah dengan cara menghapus twit awal dan mengunggah twit yang baru.

VP Consumer Product Twitter, Jay Sullivan, membenarkan bahwa tombol edit twit menjadi fitur yang paling banyak diminta oleh pengguna selama bertahun-tahun.

Dalam sebuah utas di akun Twitter pribadinya, Sullivan mengatakan bahwa Twitter telah mencari cara untuk membangun fitur edit tweet "dengan cara yang aman" sejak tahun lalu.

"Sebab, tanpa hal-hal seperti batas waktu, kontrol, dan transparansi tentang apa yang telah diedit, fitur edit twit dapat disalahgunakan untuk mengubah rekaman percakapan publik," katanya.

Tak ada fitur "edit tweet" di era Jack Dorsey

Fitur untuk menyunting tweet ini memang sudah sejak lama diminta oleh pengguna Twitter.

Pada 2018, pendiri sekaligus CEO Twitter kala itu, Jack Dorsey menyatakan keprihatinannya terkait tombol edit.

Menurut dia, fitur edit twit ini dapat membuat pengguna mengubah arti tweet setelah dibagikan secara luas oleh pengguna Twitter lainnya. Itulah mengapa Twitter tidak menghadirkan fitur tersebut.

Saat sesi tanya jawab dengan Wired pada Januari 2020, Dorsey kembali menegaskan bahwa pengguna Twitter tak akan mendapatkan fitur "edit tweet" di tahun 2020.

Ia juga mengatakan bahwa Twitter "kemungkinan tidak akan pernah" menghadirkan fitur edit tweet, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Rabu (6/4/2022).

Pada November 2021, Jack Dorsey resmi mundur dari jabatan Chief Executive Officer (CEO) Twitter. Selanjutnya, posisi CEO Twitter diisi oleh Parag Agrawal.

Di bawah kepemimpinan Agrawal, kebijakan Twitter soal fitur "edit tweet" ini tampaknya berubah. Sebab, pada 2022 ini, Twitter akhirnya benar-benar mengumumkan bahwa pihaknya tengah mengerjakan fitur tersebut.

Belum lama ini, CEO Tesla Elon Musk juga membuat jajak pendapat (polling) di akun Twitter pribadinya @elonmusk, menanyakan apakah pengguna Twitter ingin tombol edit.

Dari hampir 4,4 juta pengguna yang mengikuti poling, 73,6 persen di antaranya memilih opsi "yes", alias menginginkan tombol edit.

Yang menarik, tweet berisi polling edit button yang diunggah Musk itu dibalas oleh Agrawal dengan kalimat "Konsekuensi dari polling ini akan menjadi penting. Silakan memilih dengan hati-hati".

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/06/08310017/twitter-benar-benar-siapkan-tombol-edit-tweet-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke