Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Pengumuman SNMPN 2022 Dibuka Hari Ini, Berikut Link dan Cara Lihatnya

KOMPAS.com - Pengumuman hasil seleksi jalur SNMPN (Seleksi Nasional Masuk Politeknik Negeri) tahun 2022 telah dibuka mulai hari ini, Rabu (6/4/2022).

Hasil SNMPN 2022 bisa langsung di cek lewat laman “snmpn.politeknik.or.id”. Untuk lebih lengkapnya, berikut cara melihat pengumuman hasil SNMPN 2022:

Dikutip dari laman resmi SNMPN, bagi peserta yang dinyatakan lolos dalam pengumuman SNMPN 2022 ini, dapat melakukan proses daftar ulang sesuai dengan kebijakan dari masing-masing politeknik tempat peserta mendaftar.

Apabila peserta dinyatakan lolos SNMPN 2022, tapi memutuskan untuk mengundurkan diri atau tidak melanjutkan proses daftar ulang, konsekuensinya bergantung dari kebijakan yang diberikan pada masing-masing politeknik.

Terkait dengan pengunduran diri, peserta juga diminta untuk menghubungi politeknik yang bersangkutan. Sementara itu, setidaknya terdapat 44 politeknik negeri yang tergabung dalam SNMPN tahun ini.

SNMPN sendiri adalah jalur seleksi masuk perguruan tinggi khusus untuk peserta atau siswa sekolah yang ingin melanjutkan studi di bidang vokasi pada politeknik negeri.

Sebelumnya, SNMPN dikenal dengan jalur seleksi bernama Penelusuran Minat dan Kemampuan Politeknik Negeri (PMDK- PN). Pada tahun 2020, PMDK-PN berubah nama menjadi SNMPN, dengan terdapat 44 politeknik negeri dari seluruh wilayah Indonesia.

SNMPN 2022 hanya menyelenggarakan proses seleksi untuk menyelenggarakan proses seleksi untuk jenjang pendidikan Diploma 3 (D3). Sedangkan proses seleksi jenjang pendidikan Sarjana Terapan (D4), dilaksanakan lewat SNMPTN LTMPT.

Proses seleksi dalam SNMPN 2022 menggunakan nilai rapor dengan peserta yang diperbolehkan mengikuti hanya siswa lulusan tahun ini.

Sebelum mengikuti proses seleksi SNMPN 20222, terdapat syarat yang harus dipenuhi seperti sekolah wajib memiliki NPSN, siswa wajib memiliki NISN, serta siswa telah mendapatkan rekomendasi dari sekolah.

Proses pendaftaran seleksi SNMPN 2022 sebelumnya juga dilakukan lewat laman “snmpn.politeknik.or.id”. Pertama, sekolah menerima undangan dari panitia SNMPN berupa username dan password untuk login di laman tersebut.

Kemudian, sekolah mengisi data dan rekomendasi siswa yang diikutsertakan pada SNMPN. Setelah itu, siswa login menggunakan username dan password yang diberikan pihak sekolah.

Selanjutnya, siswa mengisi biodata, nilai rapor, sertifikat pendukung, data keluarga, memilih jurusan, dan KIP Kuliah jika berasal dari keluarga tidak mampu. Seleksi masuk perguruan tinggi jalur SNMPN juga mengakomodir siswa dari keluarga ekonomi lemah.

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/06/10230087/pengumuman-snmpn-2022-dibuka-hari-ini-berikut-link-dan-cara-lihatnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke