Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Fitur Pakai WhatsApp Saat HP Offline Digulirkan ke Lebih Banyak Pengguna

Pantauan KompasTekno, pengguna WhatsApp non-beta di Indonesia sudah kebagian fitur ini mulai hari ini, Rabu (6/4/2022).

Dengan kehadiran fitur baru multi-device ini, satu akun milik pengguna WhatsApp Indonesia bisa digunakan di empat perangkat secara bersamaan tanpa bergantung pada ponsel dengan nomor yang terdaftar.

Ini merupakan salah satu pembaruan besar yang dihadirkan oleh WhatsApp.

Mengingat, selama ini, ketika pengguna ingin menggunakan WhatsApp di perangkat lain, seperti aplikasi WhatsApp desktop atau web, ponsel dengan nomor yang terdaftar harus tetap online alias terhubung dengan internet secara terus-menerus.

Dulu, apabila ponsel tidak tersambung ke internet, WhatsApp Web dan desktop pun akan ikut offline. Alhasil, pengguna juga akhirnya tidak bisa menerima dan berkirim pesan serta menerima dan melakukan panggilan telepon atau video call melalui WhatsApp web dan desktop.

Namun, kini, dengan adanya fitur multi-device, pengguna tetap bisa menggunakan aplikasi WhatsApp desktop dan web saat ponsel offline alias tidak terhubung ke internet.

Nantinya, ketika membuka WhatsApp web atau desktop, pengguna akan melihat notifikasi pembaruan di atas kolom pencarian chat. Pengguna tinggal mengeklik "Get update" (dapatkan pembaruan).

Aplikasi WhatsApp web atau desktop akan di-update ke versi paling baru, yaitu 2.2210.9. Setelah update selesai, WhatsApp web dan desktop akan di-restart.

Kemudian, pengguna akan mendapatkan notifikasi seperti gambar di atas, menandakan bahwa WhatsApp desktop atau web pengguna sudah mendapatkan fitur baru dukungan multi-device.

Harus "link device" terlebih dahulu

KompasTekno pun langsung menjajal fitur baru ini. Ketika jaringan internet ponsel dimatikan, kami tetap bisa membuka WhatsApp desktop atau web.

Hal ini dimungkinkan karena, sebelumnya, kami sudah melakukan login ke WhatsApp web atau desktop dengan fitur "link a device".

Bila pengguna belum melakukan login, maka pengguna harus menautkan akun WhatsApp miliknya dengan cara klik menu titik tiga di atas layar > klik "Linked devices" > klik "Link a device".

Selanjutnya, pengguna perlu memindai (scan) kode QR yang tertera di WhatsApp web/desktop di perangkat yang ingin dihubungkan. Proses login dan menghubungkan perangkat ini memerlukan koneksi internet.

Barulah setelah login selesai, pengguna bisa mengakses dan menggunakan WhatsApp web/desktop seperti biasanya, meski ponsel dengan nomor yang terdaftar dalam keadaan offline.

Namun, dalam laman FAQ di situs resminya, WhatsApp menyampaikan, jika ponsel dengan nomor terdaftar tak digunakan (offline) selama lebih dari 14 hari, maka perangkat yang tertaut akan secara otomatis terputus dan akun akan keluar (log out).

Itu artinya, pengguna hanya memiliki batas waktu maksimal 14 hari untuk bisa menggunakan WhatsApp tanpa dukungan ponsel yang online.

Ketika ponsel kembali terhubung dengan internet dan akun kembali login, WhatsApp akan secara otomatis melakukan sinkronisasi pesan. Jadinya, pesan yang tadinya hanya masuk ke aplikasi WhatsApp desktop/web, akan masuk juga ke aplikasi WhatsApp mobile di ponsel pengguna.

Fitur multi-device ini akan sangat berguna bagi pengguna WhatsApp untuk tetap bisa menggunakan WhatsApp seperti biasa, saat ponsel miliknya tidak memiliki koneksi internet atau mati karena rusak atau habis dayanya.

Fitur yang tidak bisa digunakan

Menurut WhatsApp, untuk sementara ini, ada beberapa fitur yang tidak bisa digunakan ketika pengguna memilih menggunakan aplikasi WhatsApp desktop/web saat ponsel utama offline.

Berikut rinciannya, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari laman FAQ WhatsApp, Rabu (6/4/2022):

  • Pengguna tidak bisa menghapus obrolan di perangkat yang ditautkan jika perangkat utama Anda adalah iPhone.
  • Pengguna tidak bisa mengirim pesan atau menelepon seseorang yang menggunakan WhatsApp versi lama di ponsel mereka.
  • Pengguna tidak bisa melihat lokasi langsung di perangkat yang ditautkan.
  • Pengguna tidak bisa membuat dan melihat daftar broadcast di perangkat yang ditautkan.
  • Pengguna tidak bisa mengirim pesan dengan link preview dari WhatsApp Web.

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/06/11030007/fitur-pakai-whatsapp-saat-hp-offline-digulirkan-ke-lebih-banyak-pengguna

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke