Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Produsen Chip Intel Putuskan Setop Beroperasi di Rusia

Setelah sebelumnya perusahaan chipset AS itu menyetop suplai ke Rusia, maka kini mereka mengambil langkah lebih tegas dengan menyetop kegiatan bisnisnya di Negeri Beruang Merah.

"Intel akan tetap bersama dengan komunitas global yang serentak menolak perang yang dilancarkan Rusia kepada Ukraina. Keputusan perusahaan untuk menyetop operasi bisnis di Rusia akan dilaksanakan secepat mungkin," tulis pernyataan Intel, Rabu (6/4/2022).

Aksi Intel untuk menyetop operasi perusahaan di Rusia rupanya bukan tindakan pertama Intel dalam merespon situasi global yang memanas akibat konflik kedua negara di Eropa Timur tersebut.

Perusahaan sebelumnya telah menyetop sementara pengiriman produk-produknya ke Rusia dan Belarus.

"Penyetopan operasi ini adalah langkah lanjut perusahan, setelah sebelumnya kami memberhentikan sementara pengiriman kepada pelanggan kami di Rusia dan Belarus," lanjut Intel, dirangkum KompasTekno dari laman resmi perusahaan.

Perusahaan mengakui dalam keterangan tertulisnya bahwa konflik kedua negara tersebut berdampak pada kondisi operasi bisnis perusahaan secara global. Perusahaan mengatakan sudah melakukan upaya agar operasi bisnis di skala global tetap berjalan seharusnya.

Intel juga mengaku akan membantu pegawainya yang terdampak secara langsung dan tidak langsung, akibat konflik Rusia dan Ukraina.

"Perusahaan akan membantu seluruh pegawai yang terdampak konflik kedua negara, termasuk 1.200 pegawai perusahaan yang bekerja di Rusia," kata Intel.

Perusahaan lain yang setop operasi di Rusia

Dengan pngentian oeprasi Intel di Rusia ini, maka bertambah lagi perusahaan yang memutuskan untuk menyetop operasi bisnis mereka di Rusia.

Sebelumnya, Apple, AMD, Adobe, dan General Electric juga telah menyetop penjualan produk mereka di Rusia, usai negara yang dipimpin Vladimir Putin tersebut melancarkan invasi ke Ukraina.

Di sektor lainnya, Spotify, bersama dengan perusahaan media seperti CNN, BBC, ABC, memutuskan untuk menghentikan layanan mereka di Rusia untuk sementara akibat hukum baru di Rusia yang dinilai merugikan perusahaan.

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/06/16310007/produsen-chip-intel-putuskan-setop-beroperasi-di-rusia

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke