Salin Artikel

Tidak Bisa Scan Kode QR WhatsApp Web? Ini Alasan dan Cara Mengatasinya

Namun, proses memindai QR Code WhatsApp web ini kerap mengalami masalah. Pengguna terkadang mengalami kesulitan yaitu tidak bisa melakukan scan WhatsApp Web untuk login ke akun WhatsAppnya.

Alasan tidak dapat scan QR code ini bisa jadi disebabkan beberapa hal, seperti koneksi internet yang tidak stabil, menggunakan versi peramban lama, dan lain sebagainya.

Lantas apa saja penyebab pengguna tidak bisa scan kode QR di WhatsApp Web? 

Berikut ini KompasTekno rangkum beberapa penyebab QR code tidak muncul di WhatsApp Web dancara mengatasinya.

QR code WhatsApp Web bisa saja tidak tampil di layar karena koneksi internet Anda sedang melambat atau terputus.

Lakukan pengecekan apakah koneksi internet pada PC masih terhubung atau tidak. Untuk PC Windows pengguna dapat mengecek di bagian ikon WiFi di bar pojok kanan bawah atau atas.

Selain melakukan pengecekan koneksi internet di PC, Anda juga harus memastikan bahwa koneksi internet di ponsel juga berjalan dengan lancar. Ponsel dan PC harus sama-sama memiliki koneksi internet yang lancar untuk menggunakan WhatsApp Web.

Jika tidak, maka pengguna tidak bisa melakukan scan QR code WhatsApp Web. Untuk memastikan koneksi internet di ponsel Android yaitu Settings > SIM cards & mobile networks.

Sebagai informasi, cara ini dilakukan pada ponsel Android Redmi Note 7 dan bisa jadi berbeda pada ponsel Android lainnya atau iPhone.

Refresh atau muat ulang WhatsApp Web

Jika kode QR WhatsApp Web tidak dapat muncul di layar PC, Anda dapat melakukan refresh dengan menekan shortcut keyboard F5. Jika layar masih belum memuat QR code, solusi selajutnya adalah dengan menutup tab WhatsApp Web dan coba memuatnya kembali.

Menutup tab yang tidak digunakan

Salah satu penyebab QR Code WhatsApp Web tidak dapat termuat di layar adalah Anda terlalu banyak menjalankan tab aktif di browser. Ini lah yang akan memperlambat koneksi internet pada PC.

Periksa apa saja tab yang sudah tidak digunakan kemudian muat ulang halaman Web WhatsApp dan coba untuk scan kode QR WhatsApp Web kembali.

Jaringan VPN atau Proxy yang aktif di PC terkadang dapat membatasi akses Anda ke situs web tertentu. Jika Anda menggunakan atau mengaktifkan keduanya, coba lah untuk menonaktifkannya sementara. Setelah itu muat ulang kembali WhatsApp Web Anda. Cara menonaktifkan VPN atau Proxy di PC Windows adalah:

Cache merupakan file sementara yang tersimpan di browser PC Anda. Penyebab lain Anda tidak dapat melakukan scan kode QR bisa jadi karena terdapat cache-cache yang menumpuk dan menghambat Anda untuk login di WhatsApp Web.

Adapun untuk menghapus cache di WhatsApp Web adalah Pilih Settings > Security and Privacy > Cookies and other site data > ketikkan di kolom pencarian web.whatsapp.com > kemudian klik hapus.

Memperbarui peramban

Alasan lain tidak dapat melakukan scan QR code WhatsApp bisa jadi karena Anda masih menggunakan Google Chrome, Firefox, Safari, atau Opera versi lama.

Untuk mengatasinya, coba uninstall peramban dan mulai pasang versi terbarunya. Setelah versi terbaru peramban Anda telah terpasang, buka kembali tab WhatsApp Web dan lakukan login sekali lagi. 

Menonaktifkan Adblock

Ekstensi pemblokir iklan atau adblock juga menjadi salah satu penyebab kode QR WhatsApp tidak dapat termuat untuk login.

Untuk mengatasinya, nonaktifkan ekstensi adblock yang terpasang di browser Anda kemudian muat ulang WhatsApp Web setelah itu coba lah scan kode QR kembali.

Jika QR Code WhatsApp Web masih tidak dapat muncul setelah mengatasi beberapa cara di atas, pengguna dapat menghubungi bantuan WhatsApp Messenger.

Adapun caranya adalah buka WhatsApp di ponsel Anda > Klik “Settings” > Pilih “Help” > Klik “Contact us” > Kemudian tulis keluhan Anda dengan detail mengenai kode QR WhatsApp Web yang tidak dapat termuat di di browser.

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/07/11150017/tidak-bisa-scan-kode-qr-whatsapp-web-ini-alasan-dan-cara-mengatasinya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.