Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

10 Cara Mengatasi Voice Note WhatsApp Tidak Ada Suara

KOMPAS.com - Voice note atau pesan suara WhatsApp adalah salah satu metode berkirim pesan praktis tanpa mengetik. Sebagian pengguna yang tidak sempat mengetik kata atau kalimat dalam kolom chatting akan memanfaatkan fitur satu ini.

Namun adakalanya fitur voice note mengalami gangguan salah satunya adalah tidak dapat mengeluarkan suara sehingga pengguna tidak dapat mendengarkan pesan yang terkirim untuknya.

Selain tidak mengeluarkan suara, beberapa masalah lain adalah voice note yang tidak dapat diunduh dan tidak dapat memutar pesan suara yang terkirim.

Lantas bagaimana cara mengatasi voice note WhatsApp yang bermasalah? Berikut ini KompasTekno rangkum beberapa penyebab dan cara mengatasi voice note WhatsApp yang tidak dapat mengeluarkan suara.

Meningkatkan volume ponsel Anda

Jika saat memutar pesan suara di WhatsApp Anda tidak dapat mendengar audionya, bisa jadi ini karena volume ponsel Anda yang diatur terlalu rendah. Untuk mengatasinya, periksa volume speaker ponsel Anda kemjudian putar kembali voice note WhatsApp.

Tutup paksa aplikasi WhatsApp

Jika voice note WhatsApp berhenti dan tidak dapat diputar, cobalah untuk menutup paksa aplikasi WhatsApp. Untuk menghentikan paksa WhatsApp di perangkat Android berikut ini caranya:

  • Masuk menu “Settings”
  • Pilih “Apps”
  • Klik “Manage Apps”
  • Klik aplikasi WhatsApp
  • Pilih “Force stop”
  • Kemudian buka kembali aplikasi WhatsApp dan coba untuk memutar voice note kembali

Sebagai informasi, cara tersebut dicoba pada perangkat ponsel Android Redmi Note 7. Bisa jadi fitur dan tata letak menu berbeda di ponsel Android lain atau iPhone. 

Bersihkan cache WhatsApp

WhatsApp menyimpan berbagai file cache di perangkat ponsel Anda. Meskipun file cache berguna untuk meningkatkan pengalaman pengguna secara keseluruhan, namun file cache yang menumpuk juga dapat menyebabkan beberapa fitur tidak berjalan dengan baik.

Salah satunya fitur voice note yang tidak dapat mengeluarkan suara. Berikut ini cara menghapus cache WhatsApp untuk ponsel Android Redmi Note 7:

Periksa akses izin microphone pada WhatsApp

Periksa kembali akses izin microphone pada WhatsApp. Voice note WhatsApp yang tidak dapat diputar atau mengeluarkan suara bisa jadi karena Anda belum mengizinkan akses microphone pada aplikasi WhatsApp.

Berikut ini cara cek akses izin microphone pada WhatsApp di Android Redmi Note 7: 

  • Masuk menu “Settings”
  • Pilih “Apps”
  • Pilih “Permissions”
  • Klik “Microphone”
  • Pilih “WhatsApp”
  • Pilih “Allow”

Cara cek akses izin microphone pada WhatsApp di iOS

  • Masuk menu “Settings”
  • Pilih “WhatsApp”
  • Pilih “Microphone” dan pastikan toggle microphone telah aktif

Periksa penyimpanan yang tersedia

Voice note yang terkirim secara otomatis akan terunduh dan disimpan ke perangkat Anda. Maka dari itu pastikan ruang penyimpanan ponsel Anda tersedia untuk menampung voice note dan file media lain di WhatsApp.

Jika ponsel kekurangan ruang penyimpanan, WhatsApp mungkin gagal memuat atau memutar pesan suara.

Untuk mengatasinya, Anda dapat menghapus berbagai file yang sudah tidak penting di penyimpan ponsel Anda maupun membersihkannya menggunakan aplikasi pihak ketiga yaitu pembersih RAM.

Restart ulang ponsel Anda

Salah satu cara mengatasi voice note tidak ada suara adalah dengan mencoba me-restart ulang perangkat Anda. Setelah itu buka aplikasi WhatsApp dan coba putar voice note kembali. Adapun kegunaan restart ponsel adalah untuk mengatasi adanya aplikasi yang error. 

Update aplikasi WhatsApp

Voice note yang tidak ada suara bisa jadi karena aplikasi WhatsApp Anda masih memiliki versi lama sehingga membuat beberapa fiturnya tidak dapat bekerja dengan baik.

Untuk mengatasinya, tentu Anda harus memperbarui aplikasi di Play Store atau App Store terlebih dahulu ke versi WhatsApp terbaru.

Instal ulang aplikasi

Jika masih saja tidak dapat memutar, mengirim, atau mengunduh voice note, cobalah untuk menghapus aplikasi WhatsApp dan meng-install ulang kembali.

Sebelum melakukan cara ini, sebaiknya pastikan untuk mencadangkan WhatspApp ke Google Drive terlebih dahulu agar percakapan dan file media tidak hilang.

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/07/19150097/10-cara-mengatasi-voice-note-whatsapp-tidak-ada-suara

Rekomendasi untuk anda
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke