Salin Artikel

Unboxing dan Hands-on Xiaomi 12: Kesan Pertama Menggenggam Flagship Rp 9 Jutaan

Di Indonesia, Xiaomi 12 dijual dengan harga Rp 9.999.000 untuk varian RAM 8GB/ 256 GB.  KompasTekno berkesempatan membuka kotak kemasan (unboxing) Xiaomi 12 dan melihat apa saja kelengkapan dan aksesori yang ada di dalamnya.

Unboxing Xiaomi 12: kotak hitam yang elegan

Sekilas, kotak kemasan Xiaomi 12 tampak elegan dengan warna hitam. Pada bagian depannya, terdapat tampilan punggung perangkat tersebut yang dibubuhi tulisan "Xiaomi 12" di bagian bawahnya. 

Ketika kotak penjualan ponsel tersebut dibuka, kami langsung disambut dengan "surat cinta" dari Country Director Xiaomi Indonesia, Alvin Tse.

Surat tersebut berisi ucapan terima kasih dan selamat datang dari Alvin kepada pengguna yang telah memilih produk Xiaomi. Ucapan ini selalu ada di dalam kotak kemasan smartphone Xiaomi dan menjadi ciri khasnya.

Setelah disambut dengan surat itu, barulah kami menemukan unit Xiaomi 12 yang berada di bawah kompartemen berwarna hitam yang bertuliskan "Xiaomi".

Adapun isi kelengkapan dari kotak ini mencakup kartu garansi, buku panduan, softcase jelly, dan SIM ejector.

Kemudian di bawah kompartemen unit smartphone, terdapat pula "kepala" atau adapter charger yang memiliki arus daya maksimal 67 watt, serta kabel data berjenis USB tipe-C ke USB tipe-A.

Hands-on Xiaomi 12: kesan pertama

Setelah membuka kotak kemasan Xiaomi 12, kami langsung menyalakan ponsel tersebut dan menggenggam (hands-on) untuk pertama kalinya. 

Kesan pertama yang kami dapatkan adalah ponsel ini nyaman digenggam lantaran cukup compact dan pas di tangan.

Bisa dibilang compact lantaran ponsel ini memiliki dimensi 152,7 x 69,9 x 8,2 mm, jauh lebih tipis dibanding Xiaomi 11T dengan dimensi 164,1 x 76,9 x 8,8 mm.

Selain itu, ponsel ini juga cukup ringan dibawa-bawa karena memiliki bobot 179 gram, alih-alih 203 gram seperti Xiaomi 11T.

Kenyamanan menggenggam Xiaomi 12 juga dipengaruhi oleh layar ponsel tersebut yang kedua sisinya melengkung (curved).

Sisi atas layar dihiasi dengan lubang punch hole di bagian tengah sebagai rumah kamera selfie 32 MP. Bisa dibilang, layar Xiaomi 12 memiliki ukuran yang tidak terlalu besar, juga tidak terlalu kecil.

Di atas kertas, Xiaomi 12 memiliki panel AMOLED berukuran 6,28 inci dengan resolusi Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, dan touch sampling rate 480 Hz.

Dengan refresh rate tinggi, navigasi antarmenu di Xiaomi 12 pun terasa lebih lancar dibanding layar standar 60 Hz. Layar AMOLED pada Xiaomi 12 juga dibekali dengan dukungan HDR10+ dan Dolby Vision.

Kedua teknologi ini membuat warna yang ditampilkan layar menjadi lebih tajam dan nikmat untuk dipandang, terutama untuk melihat gambar atau menonton video.

Selain itu, tingkat kecerahan (brightness) Xiaomi 12 yang mencapai 1.100 nits juga membuat konten-konten yang ditampilkan di layar ponsel masih terlihat ketika terpapar sinar matahari yang cukup terik. 

Beralih ke bagian belakang, punggung Xiaomi 11 memiliki desain dengan warna yang cukup cantik.

Ponsel ini hadir dengan tiga varian warna, yaitu Gray, Purple, dan Blue, dan unit yang kami dapatkan berwarna Purple alias ungu.

Kendati demikian, punggung ponsel ini tidak menampilkan warna ungu monoton. Sebab, warnanya bisa berubah-ubah menjadi ungu keputih-putihan, ungu cerah, ungu gelap, dan lain sebagainya apabila dilihat dari berbagai sisi.

Cangkang ponsel ini sendiri mengadopsi material yang memiliki kesan kesat apabila disentuh, namun tidak terlalu licin.

Selain itu, punggung ponsel ini juga ramah terhadap bekas sidik jari dan keringat, sehingga tetap bersih dan aman jika pengguna memakai ponsel berlama-lama.

Masih di punggung ponsel, di bagian atas kirinya sendiri terdapat sebuah modul persegi yang menampung tiga kamera belakang, terdiri dari kamera utama 50 MP, kamera ultrawide 13 MP, dan kamera telemakro 5 MP.

Ketiga kamera ini disusun secara simetris agar tampil secantik mungkin, dan modul kameranya sendiri tidak rata dengan cangkang ponsel, sehingga akan sedikit mengganggu apabila sisi ini diletakkan di permukaan datar.

Bingkai kokoh

Di samping punggungnya yang ciamik, desain bingkai Xiaomi 12 juga terbilang cukup mewah lantaran mengusung material aluminum yang menampilkan kesan kokoh dan premium.

Pada bagian bawah bingkai ponsel ini, terdapat slot kartu SIM (Dual-SIM tanpa slot microSD) yang bisa ditarik keluar dengan mencolokkan SIM ejector, lubang mikrofon, konektor USB tipe-C, dan lubang speaker.

Kemudian di bagian bingkai atas Xiaomi 12 terdapat modul IR Blaster, lubang mikrofon, tulisan "Sound By Harman Kardon", dan lubang speaker.

Adapun bingkai kanan ponsel ini hanya dihiasi dengan tombol volume dan power, sementara di bingkai kirinya bersih tanpa tombol atau modul apapun.

Penasaran bagaimana tampilan Xiaomi 12 apabila dilihat dari berbagai sisi dan apa saja isi kelengkapan kotak penjualannya?

Anda bisa mengetahui informasi-informasi tersebut dengan melihat galeri unboxing dan hands-on Xiaomi 12 yang bisa disimak di tautan berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/08/09310017/unboxing-dan-hands-on-xiaomi-12--kesan-pertama-menggenggam-flagship-rp-9-jutaan

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.

Terkini Lainnya

Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.