Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Dibuka Hari Ini, Ini Link Dashboard Daftar Kartu Prakerja Gelombang 26 dan Syaratnya

KOMPAS.com - Setelah resmi Kartu Prakerja gelombang 25 ditutup lima hari lalu, kini pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 26 resmi dibuka.

Informasi ini dilansir dari Instagram resmi Prakerja dengan handle @prakerja.go.id yang menerangkan pembukaan Kartu Prakerja gelombang 26 resmi dibuka, peserta dapat menuju dashboard dan klik “Gabung Gelombang”.

Selain mengumumkan terkait pembukaan Kartu Prakerja Gelombang 26, @prakerja.go.id menjelaskan kriteria peserta yang tidak dapat mendaftar Kartu Prakerja Gelombang 26.

Kriteria tersebut antara lain alumni dari gelombang terdahulu, calon peserta di luar usia 18-64 tahun, dan calon kandidat non-kategori Angkatan Kerja.

Adapun kuota Kartu Prakerja gelombang 26 pun masih belum diinformasikan secara resmi. Namun mengingat kuota Kartu Prakerja sebelumnya yaitu gelombang 24 sebesar 300.000 lebih kecil dari gelombang 23, hal ini bisa saja terjadi pada kuota Kartu Prakerja Gelombang 26.

Penyusutan anggaran program Kartu Prakerja menjadi faktor berkurangnya kuota pada program Kartu Prakerja. Pemerintah sendiri telah menganggarkan dana sekitar Rp 11 triliun pada tahun 2022.

Anggaran tersebut lebih kecil dibanding tahun 2020 sebesar Rp 20 triliun dan 2021 Rp 21 triliun. Untuk mendaftar Kartu Kerja Gelombang 26, peserta dapat mengunjungi link dashboard pendaftarannya di https://www.prakerja.go.id/. 

Syarat mendaftar Kartu Prakerja gelombang 26

  • Warga Negara Indonesia 18-64 tahun
  • Tidak sedang mengikuti pendidikan formal
  • Merupakan pencari kerja, korban PHK, atau wirausaha
  • Bukan merupakan anggota TNI/Polri, ASN, anggota DPR/DPRD, BUMN/BUMD, kepala desa dan perangkat desa, serta pejabat BUMN/BUMD
  • Dalam satu Kartu Keluarga hanya diporbelah maksimal dua NIK yang menjadi penerima kartu Prakerja
  • Bukan penerima bantuan sosial lainnya selama pandemi Covid-19

Link Dashboard dan cara mendaftar akun prakerja gelombang 26

Kunjungi link resmi Prakerja di https://dashboard.prakerja.go.id/daftar

Sebagai informasi dalam tahap verifikasi wajah diharapkan peserta dapat memperhatikan ketentuan swafoto agar tidak gagal dan berlanjut ke tahap selanjutnya. Berikut ini ketentuan swafoto untuk Kartu Prakerja yang perlu diperhatikan:

  • Pastikan wajah terlihat dengan pencahayaan yang cukup
  • Memenuhi 80 persen dari frame foto
  • Hindari menggunakan aksesoris
  • Swafoto yang diambil tidak perlu menyertakan KTP
  • Ambil foto selfie dengan posisi normal

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/08/15450047/dibuka-hari-ini-ini-link-dashboard-daftar-kartu-prakerja-gelombang-26-dan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke