Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Aplikasi Kuliner buat Cari Tempat Bukber Ramadhan 2022

KOMPAS.com - Wisata kuliner Ramadhan dengan teman atau keluarga untuk menyambut buka puasa, tampaknya menjadi kegiatan yang ditunggu dan cukup mengasyikan bagi sebagian kalangan.

Tak heran di beberapa wilayah tertentu, kadang tiba-tiba terdapat kumpulan lapak penjaja makanan yang hanya muncul pada bulan Ramadhan 2022 untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Sebagian orang dengan teman atau keluarganya, biasanya bakal mengunjungi lapak tersebut untuk mencari makanan buat melangsungkan kegiatan buka puasa bersama atau bukber.

Mencari tempat makan untuk bukber saat ini bisa dilakukan secara online hanya melalui layar ponsel. Jadi, Anda tak perlu bingung lagi mencari tempat makan saat hendak melangsungkan bukber dengan teman atau saudara.

Terdapat beberapa aplikasi kuliner online yang tersedia di ponsel dan dapat dimanfaatkan untuk mencari tempat makan. Tak hanya itu, aplikasi kuliner juga biasanya dapat menampilkan ulasan dan penilaian terkait makanan yang dijual pada satu tempat.

Fitur itu mungkin bakal cukup membantu saat menentukan masakan apa yang bakal dimakan saat bukber nantinya. Sudah penasaran dengan aplikasi kuliner buat cari tempat bukber? Simak daftarnya di bawah ini.

Aplikasi kuliner yang pertama ada Eatigo. Aplikasi ini memiliki fitur utama untuk mencari restoran dan melakukan pemesanan atau reservasi tempat. Anda bisa mencari tempat bukber melalui aplikasi ini dan melihat popularitas dari restorannya.

Kemudian, Eatigo juga menyediakan fitur reservasi restoran. Anda bisa memesan tempat di restoran sesuai dengan jadwal yang dipilih, berikut dengan makanannya. Eatigo juga menawarkan potongan harga bila melakukan pemesanan makanan lewat aplikasi.

Aplikasi ini hanya memiliki referensi restoran di wilayah Jakarta. Untuk mengunduh atau download aplikasi kuliner ini, bisa dilakukan lewat toko aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) dan App Store (untuk ponsel iPhone).

PergiKuliner memiliki fitur pencarian tempat makan berdasarkan lokasi atau menu. Aplikasi kuliner ini menyediakan rekomendasi tempat makan terenak dan terbaru.

Kemudian, PergiKuliner juga menawarkan kupon untuk mendapatkan potongan harga makanan di restoran tertentu. Referensi restoran di aplikasi ini mencakup wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung, dan Surabaya.

Referensi tersebut berisi alamat lengkap serta nomor telepon dari restoran yang bersangkutan. Sayangnya, aplikasi ini tidak menawarkan fitur reservasi. Jadi, jika ingin memesan tempat, Anda harus menghubungi pihak restorannya langsung.

Aplikasi PergiKuliner bisa diunduh secara gratis di Google Play Store (untuk ponsel Android) dan App Store (untuk iPhone).

Aplikasi kuliner yang berikutnya adalah Zomato. Aplikasi asal India ini memiliki direktori tempat makan atau restoran yang cukup banyak, setidaknya untuk wilayah Jakarta.

Zomato bakal menampilkan informasi terkait restoran, termasuk nomor telepon, jam buka-tutup, rekomendasi makanan, dan menu yang disediakannya. Zomato juga sama dengan PergiKuliner, yakni tidak menawarkan fitur reservasi.

Jika ingin memesan tempat serta makanannya, Anda harus menghubungi langsung pihak restoran terkait. Aplikasi kuliner ini bisa diunduh di Google Play Store (untuk ponsel Android) dan App Store (untuk iPhone).

Keempat, ada Qraved. Aplikasi kuliner ini juga memiliki fitur utama sama seperti empat aplikasi di atas, yakni menawarkan kemudahan pencarian tempat makan atau restoran.

Qraved punya direktori restoran yang cukup lengkap, mulai dari kaki lima hingga bintang lima, khususnya untuk wilayah Jakarta. Anda juga bisa melihat ulasan dan penilaian dari restoran tersebut lewat Qraved.

Kemudian, aplikasi ini juga menawarkan kupon potongan harga yang bisa dipakai pada restoran tertentu. Aplikasi Qraved bisa diunduh lewat Google Play Store (untuk ponsel Android) dan App Store (untuk iPhone).

Terakhir dan Anda mungkin sudah tak asing lagi, yakni Google Maps. Kendati aplikasi ini sebenarnya bukan secara khusus bergerak di sektor kuliner, namun direktori lokasi tempat makan di Google Maps bisa dikatakan lebih lengkap dari aplikasi di atas.

Google Maps memiliki opsi bernama “Restoran” yang berfungsi untuk menyaring pencarian lokasi secara khusus pada tempat makan. Google Maps mampu menampilkan daftar tempat makan makan terdekat dari wilayah Anda.

Dalam daftar tersebut, termuat juga penilaian dan ulasan, nomor telepon restoran, alamat restoran, dan jam buka-tutup restoran. Namun, Google Maps tidak menampilkan harga dan menu makanan secara spesifik dari restoran tersebut.

Pada beberapa restoran tertentu biasanya harga dan menu makanan bisa muncul dan dilihat, akibat banyak pengguna yang menambahkan informasi itu di Google Maps.

Aplikasi Google Maps bisa diunduh lewat Google Play Store (untuk ponsel Android) dan App Store (untuk iPhone).

Lima aplikasi di atas bisa menjadi “teman Ramadhan” yang memudahkan Anda bersama teman atau saudara dalam mencari tempat makan. Demikian lima aplikasi kuliner buat cari tempat bukber di bulan Ramadhan ini, selamat mencoba.

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/10/14150007/5-aplikasi-kuliner-buat-cari-tempat-bukber-ramadhan-2022

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.