Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Rekomendasi Kanal YouTube yang Putar Musik untuk Bantu Konsentrasi Saat Kerja dan Belajar

Menurut penelitian Stanford University School of Medicine, para peneliti menemukan bukti bahwa musik bisa mendorong otak sedemikian rupa untuk melatihnya agar mampu fokus memperhatikan peristiwa dan membuat prediksi tentang apa yang mungkin terjadi.

Di antara beragam genre musik yang ada, lagu dan soundtrack yang memiliki irama santai cukup populer didengarkan.

Beberapa pilihan jenis musik seperti musik klasik, suara alam, hingga lagu dengan aliran low fidelity (Lo-fi) banyak digemari. Jenis-jenis musik tersebut konon mampu meningkatkan relaksasi dan fokus.

Musik tersebut juga kini mudah dicari dan diputar lewat berbagai platform streaming, salah satunya YouTube. Bahkan, ada beberapa kanal dedicated (khusus) yang memang menyuguhkan musik-musik untuk membantu meningkatkan konsentrasi saat bekerja atau belajar.

Kanal tersebut biasanya memiliki durasi musik yang cukup panjang, belasan menit hingga berjam-jam. Sehingga, pendengar tidak perlu repot mengotak-atik playlist lagi.

Berikut merupakan daftar rekomendasi kanal YouTube berisi koleksi musik yang bisa diputar saat kerja dan belajar untuk meningkatkan konsentrasi, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari Mashable, Selasa (12/4/2022).

Musik klasik

Musik klasik dan instrumental diyakini dapat membuat pendengarnya merasa rileks atau bersemangat. Mendengarkan musik klasik mampu melepaskan dopamin yang dapat mencegah pelepasan hormon stres kortisol.

Ini mampu membantu membuat suasana hati menjadi membaik, membantu berpikir jernih, serta menciptakan kondisi belajar dan bekerja jauh menjadi lebih menyenangkan.

Sebuah studi yang dilakukan di Universitas California pada tahun 1993 menunjukkan adanya peningkatan IQ pada siswa yang mendengarkan karya musik klasik Mozart. Berikut rekomendasi kanal YouTube yang berisi koleksi musik klasik:

Kanal YouTube satu ini menyajikan beragam jenis musik instrumental. Pengguna dapat memilih playlist lagu yang terdiri dari karya Bach, Leonardo Locatelli, serta musisi klasik lainnya.

Untuk dapat menikmati deretan musik klasik tersebut, silakan mengunjungi channel YouTube Classical Tunes melalui tautan berikut ini. 

Kanal YouTube HalidonMusic menyediakan katalog musik hasil karya komposer terkenal seperti Mozart, Beethoven, Tchaikovsky, hingga Chopin.

Selain menyajikan musik klasik, channel HalidonMusic juga menawarkan deretan genre lagu lain seperti jazz dan pop.

HalidonMusic dapat dinikmati dengan mengakses channel YouTube melalui link berikut ini. 

Serupa dengan HalidonMusic, kanal YouTube Just Instrumental Music juga menyajikan musik klasik ciptaan komposer populer seperti Mozart, Beethoven, Bach, dan Chopin,

Pengguna juga dapat mendengarkan koleksi lagu yang dilantunkan dari alat musik khusus, seperti gitar instrumental, musik orkestra, biola klasik, seruling, dan cello. Kanal YouTube Just Instrumental Music dapat diakses melalui tautan berikut.

Suara alam

Tidak hanya musik klasik, suara alam seperti deburan ombak, kicauan burung, hingga deru angin pantai juga dipercaya dapat membantu pendengar untuk lebih produktif.

Melansir Fast Company, penelitian dari University of North Florida menemukan adanya korelsi antara suara alam dengan fisiologi dan psikologi pendengar. Ketika mendengarkan suara alam, seperti deburan ombak, rupanya bisa merelaksasi otot yang tegang, detak jantung, dan stres.

Perubahan positif ini disebut terjadi lebih cepat, sekitar 5-7 menit setelah mendengarkan suara alam. Tertarik? Berikut rekomendasi kanal YouTube yang memutar suara alam:

Sesuai dengan namanya, kanal YouTube Healing Nature & Meditation diklaim mampu menawarkan efek penyembuhan melalui irama suara alam yang menenangkan dari padang rumput, danau, hujan, hutan, air.

Apabila tertarik, channel Healing Nature & Meditation bisa diakses dengan menekan tautan berikut. 

Johnnielawson menawarkan koleksi suara air terjun dan kicauan burung berdurasi delapan jam sehingga mampu menemani pengguna yang sedang bekerja. Sehingga, pendengar tidak perlu mengatur ulang playlist. Kanal ini menawarkan beragam suara alam, tapi suara alam yang jadi ciri khas adalah air terjun dan kicauan burung.

TheSilentWatcher merupakan kanal YouTube yang dikelola oleh pria asal Bulgaria bernama Petar Paunchev. Pengguna yang mengunjungi kanal YouTube ini dapat menikmati suara hujan tropis, suara sungai yang menenangkan, sungai bersalju, hingga deru angin di hutan.

Musik lo-fi

Lo-fi merupakan kebalikan dari high-fidelity atau produksi musik berkualitas tinggi yang sering digunakan untuk musik populer. Merangkum Hook Sounds, Lo-fi merupakan hasil dari ketidaksempurnaan produksi musik.

Ketidaksempurnaan itu didapat dari proses perekaman yang mengalami beberapa eror, seperti suara bising di latar belakang. Musik jenis ini umumnya hanya berupa instrumen tanpa lirik.

Berdasarkan studi dari Manila University di tahun 2019, musik Lo-fi disebut bisa memicu memori.

Selain itu, gebukan drum yang bisa diprediksi pada tingkat bawah sadar, bisa menciptakan perasaan nyaman atau nostalgia, sekaligus "menutup" suara bising di sekitar pendengar karena kedua otak diaktifkan. Peningkatan aktivitas otak inilah yang membantu peningkatan fokus dan konsentrasi.

Penasaran? Berikut rekomendasi kanal YouTube yang memutar musik jenis Lo-fi:

Kanal YouTube ini menawarkan dua jenis video yang disiarkan secara live stream setiap harinya. Satu video didedikasikan untuk menyajikan musk Lo-fi yang cocok didengarkan saat bersantai dan belajar.

Sementara satu video lainnya berisi koleksi soundtrack penghantar tidur. Berikut merupakan tautan untuk mengakses channel YouTube Lofi Girl. 

Ambient menawarkan kumpulan musik yang dirancang khusus untuk meditasi, relaksasi, dan bersantai, bekerja, serta belajar.

Deretan musik yang tersedia dapat dinikmati dengan mengunjungi kanal YouTube Ambient melalui tautan berikut. 

  • Chillhop Music

Chillpop Music memutar lagu-lagu jazz dan Lo-fi secara non-stop. Seperti kanal Lo-fi girl, kanal Chillhop Music memutar lagu-lagu santai selama 24 jam berturut-turut.

Kanal musik ini menawarkan video "Study Beats" yang dirancang khusus untuk didengarkan selama bekerja atau belajar. Koleksi lagu yang ada dapat langsung dinikmari melalui link berikut ini.

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/12/16040027/rekomendasi-kanal-youtube-yang-putar-musik-untuk-bantu-konsentrasi-saat-kerja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke