Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

4 Aplikasi Kalkulator Zakat untuk HP Android, Agar Tidak Salah Hitung

KOMPAS.com - Bulan Ramadhan saatnya umat muslim wajib menunaikan zakat fitrah. Sebagian orang terkadang masih merasa ragu dan kurang mengerti takaran dan ketentuan menunaikan zakat fitrah saat bulan ramadhan yang tepat.

Selain zakat fitrah, terdapat zakat mal (zakat harta) yang juga wajib ditunaikan umat muslim yang sudah memenuhi nisab (jumlah batasan kepemilikan harta).

Namun saat ini Anda tidak perlu bingung bagaimana agar dapat menunaikan zakat dengan takaran tepat yaitu dengan bantuan aplikasi kalkulator zakat yang dapat diunduh dan di-install smatphone. 

Bagi pengguna Android, aplikasi kalkulator zakat ini dapat diunduh dengan mudah dan gratis di Play Store di smartphone Anda. Untuk selengkapnya berikut ini aplikasi - aplikasi kalkulator zakat untuk ponsel Android.

Zakat Calculator salah satu aplikasi hitung zakat dengan berbagai fitur seperti kalkulator zakat fitrah dan zakat profesi menggunakan rumus perhitungan sesuai kaidah fiqih.

Cara menggunakannya adalah masuk ke aplikasi > pilih zakat fitrah atau zakat profesi > misal “Zakat fitrah” > ketikkan jumlah jiwa dan harga beras per kilo atau per liter > klik “Hitung zakat” > nantinya akan muncul hasil penghitungan zakat yang harus dibayarkan.

Kalkulator Zakat dikembangkan oleh developer Prima Dolta dan memiliki rating 4.8 dari lima dan telah diunduh sebanyak 1000 pengguna. Untuk mengunduh aplikasi Kalkulator Zakat dapat mengunjungi tautan berikut ini.

KalZakat memiliki fitur penghitungan zakat berupa zakat penghasilan, zakat emas, zakat tabungan, dan zakat perdagangan.

Cara menggunakannya adalah masuk ke aplikasi KalZakat > pilih menu jenis zakat (misal: zakat penghasilan) > isi data seperti jumlah penghasilan, pengeluaran dan harga beras > klik “Hitung”.

KalZakat dikembangkan oleh Awan Tengah Studio developer dan memiliki rating 4.4 dari lima serta telah diunduh hingga lebih dari lima ribu unduhan. Anda dapat mengunduh aplikasi KalZakat di sini.

Hitung Zakat Lengkap juga memiliki beberapa fitur seperti perhitungan zakar lain seperti Hitung Zakat Fitrah, Hitung Zakat Harta/Emas, Hitung Zakat Perniagaan, Hitung Zakat Penghasilan/Profesi.

Cara menggunakannya buka aplikasi Hitung Zakat Lengkap > pilih menu “Zakat Fitrah”, “Zakat Perniagaan”, “Zakat Penghasilan”, “Zakat Harta” (misal: “Zakat Fitrah”) > masukkan jumlah jiwa dan harga beras per kilo > kemudian klik “Hitung zakat fitrah”.

Aplkasi ini dikembangkan oleh Droidot Publisher, memiliki rating lima dan telah diunduh lebih dari seribu unduhan. Kunjungi link berikut ini untuk mengunduh aplikasi. 

Zakatpedia adalah aplikasi penghitungan zakat sekaligus pembayaran zakat, infaq, sedekah, dan penggalangan dan online lainnya.

Adapun fitur-fitur aplikasinya seperti Zakat Tabungan, Zakat Penghasilan, Zakat Niaga, Zakat Emas, Zakat Harta, Zakat Hadiah, Zakat Perak, Zakat Fitrah, dan lainnya.

Cara menggunakannya setelah mengunduhnya buka aplikasi Zakatpedia > pada tampilan halaman utama klik “Lainnya” > Pilih jenis zakat yang Anda inginkan (misal: Zakat Fitrah) > Klik “Zakat” > Isi jumlah jiwa > nantinya pengguna akan mengetahui detail jumlah zakat yang harus dibayarkan dan diarahkan langsung metode menuju pembayaran.

Zakatpedia dikembangkan oleh Laznas Izi dan memiliki rating 4.4 dari lima. Untuk mengunduhnya, Anda dapat menuju tautan berikut ini.

Selain menunaikan ibadah puasa, saat bulan ramadhan seluruh umat muslim wajib menunaikan zakat. Anda dapat mengunduh aplikasi-aplikasi tersebut guna membantu dalam penghitungan zakat fitrah atau zakat penghasilan agar lebih akurat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/12/17150017/4-aplikasi-kalkulator-zakat-untuk-hp-android-agar-tidak-salah-hitung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke