Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Tablet Huawei MatePad 10,4 Inci Resmi di Indonesia, Harga Rp 5 Juta

Tablet Huawei MatePad menggunakan layar berpanel IPS LCD berukuran 10,4 inci dengan resolusi 2K (2.000 x 1.200 piksel) serta tingkat kecerahan (brightness) maksimum hingga 470 nits.

Layar tersebut turut dibekali kamera depan beresolusi 8 MP (f/2.0). Di bagian punggungnya, terdapat sebuah kamera belakang beresolusi 13 MP (f/1.8) yang ditemani oleh sebuah lampu LED flash.

Untuk dapur pacunya, Huawei MatePad diotaki oleh chipset Kirin 710A bikinan Huawei sendiri. Chipset tersebut dipadankan dengan RAM 4 GB dan penyimpanan media 64 GB.

Bila dirasa kurang, kapasitas penyimpanan internet tersebut masih bisa ditambah hingga 512 GB menggunakan kartu eksternal microSD.

Huawei MatePad menjalankan sistem operasi (OS) buatan Huawei sendiri, HarmonyOS 2, yang sebenarnya berbasis Android.

Meski berbasis Android, tablet HarmonyOS ini tidak mendukung layanan dan aplikasi Google (Google Mobile Services/GMS).

Ini berarti pemilik Huawei MatePad tidak bisa mengunduh aplikasi dari Play Store, menonton video dari aplikasi YouTube, melihat peta di Google Maps, mengedit dokumen di Google Drive, dan layanan Google lainnya secara bawaan.

Sebagai ganti Google Mobile Services, tablet Huawei ini mengandalkan ekosistem buatan sendiri yang bernama Huawei Mobile Services (HMS), dengan toko aplikasi bernama Huawei AppGallery.

Untuk sektor daya, Huawei MatePad ditopang oleh baterai berkapasitas 7.250 mAh. Dengan sekali pengisian daya, baterai tablet ini diklaim dapat tahan digunakan untuk memutar video HD 1080p secara terus menerus hingga 12 jam.

Baterai Huawei MatePad juga sudah dilengkapi dengan fitur pengisi daya cepat (fast charging) 22,5 watt, di mana baterai bisa terisi penuh 100 persen dalam waktu 2,5 jam.

Fitur lain yang dibawa tablet ini meliputi Bluetooth 5.1, USB Type-C, 3 mikrofon, empat buah speaker besutan Harman/Kardon, WiFi 802.11a/b/g/n/ac.

Mendukung keyboard fisik dan stylus

Di samping itu, Huawei MatePad juga dibekali dengan sejumlah fitur penunjang produktivitas dan multitasking. Misalnya, ada fitur Multi-Window yang memungkinkan empat jendela aplikasi ditampilkan sekaligus pada layar.

Ada pula fitur App Multiplier yang memungkinkan pengguna mengerjakan dua tugas secara terpisah dalam satu aplikasi yang sama.

Country Head of Huawei CBG Indonesia, Patrick Ru mengatakan, tablet anyar Huawei MatePad ini adalah gadget yang tepat bagi pengguna yang membutuhkan gadget untuk keperluan produktivitas dan multitasking.

"Gadget yang tepat dapat membantu Anda dalam menyeimbangkan dan memudahkan kewajiban yang harus Anda lakukan tanpa mengurangi produktivitas, sama seperti Huawei MatePad yang dapat memberikan pengalaman seperti PC," kata Patrick Ru dalam keterangan tertulis yang diterima KompasTekno.

Huawei MatePad juga sudah kompatibel dihubungkan dengan Smart Keyboard Huawei dan stylus Huawei M-Pencil generasi kedua. Namun, kedua aksesori tersebut tak masuk dalam paket pembelian alias harus dibeli secara terpisah.

Harga Huawei MatePad 10,4 Inci

Di Indonesia, Huawei MatePad tersedia dalam pilihan warna Grey dan dijual dengan banderol harga Rp 4.999.000.

Tablet ini sudah bisa dipesan (pre-order) mulai 12-22 April 2022 di marketplace rekanan Huawei. Selama masa pre-order, Huawei MatePad dijual dengan harga khusus, yaitu Rp 4.899.000.

Bila membeli selama periode pre-order, konsumen berkesempatan mendapatkan bonus Huawei Smart Keyboard, Huawei M-Pencil, dan bonus lainnya.

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/14/06070047/tablet-huawei-matepad-10-4-inci-resmi-di-indonesia-harga-rp-5-juta

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke