Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

TikTok Uji Coba Tombol Dislike di Kolom Komentar

Pengguna bisa menyatakan ketidaksetujuannya terhadap sebuah komentar, dengan tombol tersebut. Tombol dislike juga berfungsi untuk pengguna yang merasa bahwa sebuah komentar tidak layak atau tidak pantas.

"Kami sedang menjalankan sebuah uji coba agar pengguna bisa menilai apakah sebuah komentar tidak layak dan tidak pantas dengan tombol tersebut," ujar TikTok dikutip KompasTekno dari laman resmi perusahaan, Sabtu (16/4/2022).

TikTok baru menguji fitur ini ke beberapa pengguna saja. Perusahaan juga menyebut kehadiran tombol baru ini untuk membuat pengguna merasa memiliki kendali terhadap komentar yang mereka baca.

Seorang pengguna TikTok yang kebagian tombol dislike, membagikan tampilan fitur baru tersebut di Twitter.

Dalam foto yang dibagikan itu, tombol dislike terlihat memiliki ikon ibu jari ke bawah. Letak posisi tombol tersebut berada di sebelah kanan penghitung jumlah like pada komen.

"Untuk menghindari perasaan ketidak-enakan, permusuhan, dan menurunkan semangat pembuat konten dalam berkreasi," kata perusahaan.

Ini menjadi kali pertama bagi pengguna TikTok untuk memberikan ulasan negatif, dengan memberi tombol dislike pada sebuah komentar, meski komentar tidak menyalahi aturan yang ada.

Pengguna juga sebelumnya sudah diberikan fitur oleh TikTok untuk menunjukan ketidak-sukaan pengguna terhadap sebuah video, dengan menekan layar sedikit lebih lama ketika video tersebut sedang diputar, kemudian pilih not interested.

Pengguna juga sebelumnya sudah bisa melaporkan komentar yang ada di dalam video dengan menekan layar lebih lama pada komentar yang ingin dilaporkan, kemudian pilih Report atau laporkan.

TikTok juga tidak menyebut kapan fitur tombol dislike ini akan diluncurkan secara umum. Perusahaan juga belum memastikan apakah nantinya tombol ini akan benar-benar dirilis di aplikasi atau tidak.

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/16/17010007/tiktok-uji-coba-tombol-dislike-di-kolom-komentar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke