Salin Artikel

5 Daftar Fitur Google Maps yang Bisa Dimanfaatkan untuk Perjalanan Mudik Lebaran 2022

KOMPAS.com - Tahun ini masyarakat Indonesia diperbolehkan melaksanakan mudik lebaran 2022 dengan tetap mematuhi protokol kesehatan.

Untuk Anda yang akan melaksanakan keberangkatan mudik menggunakan jalur darat seperti mobil, sudah pasti memanfaatkan Google Maps sebagai navigasi arah menuju lokasi tujuan.

Selain sebagai petunjuk arah, Google Maps ternyata memiliki beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan ketika perjalanan mudik lebaran 2022.

Untuk selengkapnya berikut KompasTekno rangkum daftar fitur Google Maps yang berguna untuk perjalanan mudik Anda.

Arus mudik di jalan raya biasanya menimbulkan lalu lintas padat hingga kemacetan. Dengan fitur ini pemudik dapat mengetahui titik titik arus mudik yang sedang mengalami kepadatan dan kemacetan.

Tujuannya agar pemudik dapat mewaspadai dan mempersiapkan berbagai hal saat berada di arus kemacetan. Fitur lalu lintas akan menampilkan jalan raya dengan kode-kode warna tertentu seperti warna oranye, hijau, dan merah.

Warna-warna tersebut menandakan kondisi kepadatan lalu lintas seperti hijau yang berarti lalu lintas sedang lenggang atau lancar. Oranye jumlah arus lalu lintas sedang. Merah yang berarti lalu lintas sedang macet. Jika warna merah semakin gelap, maka arus lalin semakin padat.

Cara mengaktifkan fitur lalu lintas adalah buka Google Maps > klik menu tiga garis vertikal di sebelah kiri > klik “Traffic”.

Keempat fitur ini juga sangat berguna bagi Anda yang sedang melakukan perjalan mudik 2022 cukup jauh. Pengguna dapat menemukan rest area terdeka di titik perjalanannya seperti SPBU, restoran, hingga pusat perbelanjaan.

Untuk menggunakan fitur ini buka Google Maps > scroll ke bawah dan lihat “Nearby places” > terdapat beberapa ikon restoran, SPBU, ATM, dan pusat perbelanjaan > klik salah satu (misal: SPBU) > nantinya Gmaps akan menampilkan beberapa titik terdekat SPBU dari lokasi Anda. Selain itu Anda juga dapat melihat fitur-fitur ini di bagian atas maps. 

Fitur menyimpan rute perjalanan juga bermanfaat bagi Anda ketika melakukan perjalanan mudik lebaran.

Dengan fitur menyimpan rute perjalanan pengguna tidak perlu berulang mengetikkan rute perjalanan di Google Maps setiap kali akan melakukan perjalanan ke beberapa tempat yang sama.

Berikut ini cara menggunakannya buka Gmaps > ketuk ikon petunjuk arah di sisi kanan maps > tuliskan arah tujuan perjalanan Anda > pilih transportasi yang biasa Anda gunakan > setelah itu ketuk “Pin” untuk menambah rute Anda ke daftar tersimpan.

Fitur ini berguna untuk Anda yang melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman namun juga akan mampir sejenak di beberapa lokasi tertentu. Pemudik bisa menambahkan sekaligus beberapa tempat di Google maps.

Misal saja pemudik menuju tujuan akhir di kota A namun sebelumnya ingin mampir terlebih dahulu di lokasi B maupun C. Nah pemudik bisa sekaligus menambahkan rute tersebut. Berikut ini caranya:

Masukkan titik awal dan titik akhir tujuan > klik titik tiga di sebelah kanan > klik “Add stop” masukkan rute perjalanan yang ingin ditambahkan. Nantinya Google Maps akan menampilkan beberapa rute tujuan Anda dalam satu perjalanan.

Fitur “Save parking” berguna untuk memudahkan pengguna menyimpan lokasi Anda memarkir kendaraan, ketika pemudik berniat untuk mampir di beberapa tempat tertentu. Anda juga bisa menambahkan catatan tertentu pada area parkir yang disimpan.

Cara menggunakannya adalah saat Anda sudah berada di lokasi parkir tertentu kemudian ketuk lokasi lingkaran biru, nantinya pengguna dapat mengklik fitur “Save parking” yang berada di menu bawah.

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/18/11150037/5-daftar-fitur-google-maps-yang-bisa-dimanfaatkan-untuk-perjalanan-mudik

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.