Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

WhatsApp Mulai Uji Coba Fitur Sembunyikan "Last Seen" dari Kontak Tertentu

KOMPAS.com - WhatsApp memiliki fitur yang bisa menampilkan status last seen (terakhir dilihat). Fitur ini berguna untuk mengecek kapan terakhir kali pengguna membuka aplikasi WhatsApp.

Fitur last seen sendiri bisa disembunyikan dari pengguna lainnya, supaya mereka tidak bisa melihat kapan terkahir kali kita membuka aplikasi WhatsApp.

Akan tetapi, pengguna hanya bisa menyembunyikan status last seen dari semua orang atau "Nobody", ditampilkan ke semua orang atau "Everyone", atau ditampilkan ke daftar kontak alias "My Contacts".

Kini, WhatsApp dikabarkan tengah menyiapkan fitur untuk menyembunyikan informasi last seen untuk kontak-kontak tertentu saja. Artinya, pengguna bisa mengatur siapa yang bisa melihat status last seen serta siapa yang tidak.

Setidaknya begitu menurut informasi dari WABetaInfo, pembocor ulung yang biasa membagikan kabar terkait fitur terbaru WhatsApp.

Menurut mereka, fitur untuk menyembunyikan status last seen secara spesifik dari orang tertentu akan bisa diatur lewat opsi "My Contacts Except..." atau "Kontak saya kecuali...".

Fitur ini nantinya bisa diakses lewat menu "Settings" > "Account" > "Privacy" > "Last Seen", dan bakal muncul sebagai opsi tambahan dari tiga opsi yang sudah ada, yaitu "Nobody", "Everyone", dan "My Contacts" tadi, sebagaimana ilustrasi gambar di atas.

Selain muncul di menu "Last Seen", opsi "My Contacts Except" ini juga bakal bisa ditemukan di menu "Profile Photo" (foto profil) dan "About" (info).

Jika diterapkan di menu "Profile Photo", maka foto profil pengguna akan disembunyikan dari sejumlah kontak WhatsApp secara spesifik.

Sementara itu, apabila opsi "My Contacts Except" ini diterapkan di menu "About", maka informasi terkait akun pengguna akan disembunyikan dari sejumlah kontak WhatsApp secara spesifik.

Belum diketahui kapan fitur ini bakal menyambangi pengguna umum. Terlebih, WhatsApp sendiri belum mengumbar informasi terkait kehadiran fitur "My Contacts Except" di pengaturan "Last Seen", "Profile Picture", dan "About" ini.

Namun, fitur tersebut konon tengah digelontorkan secara bertahap untuk diuji coba ke sejumlah pengguna WhatsApp Beta versi 22.9.0.70 di perangkat iOS yang tergabung dalam program TestFlight.

Sementara untuk pengguna Android, fitur ini juga disebut tengah digelontorkan secara bertahap dan diuji coba di WhatsApp Beta versi 2.22.8.9.

Pantauan KompasTekno, Senin (18/4/2022), opsi My Contacts Except, tampaknya belum muncul di laman "Last Seen", "Profile Photo", atau "About" di aplikasi WhatsApp Android versi 2.22.7.74.

Meski demikian, fitur tersebut tampaknya sudah bisa dijajal pengguna Tanah Air yang menggunakan WhatsApp Android (Beta), setidaknya untuk versi 22.2.8.3 ke atas.

Tim KompasTekno sudah ada yang kebagian uji coba fitur ini dengan menggunakan versi aplikasi 22.2.8.3. Seperti tampak pada gambar di atas, opsi "Kontak saya kecuali" sudah muncul dan bisa dipilih di menu "Last Seen" (Terakhir dilihat), Profile Photo (Foto profil), dan About (Info).

Ketika memilih opsi tersebut, pengguna bisa memilih siapa saja yang ingin disembunyikan dari status last seen, foto profil pengguna, atau informasi akun WhatsApp pengguna itu sendiri.

Dari pengamatan KompasTekno, tidak semua pengguna WhatsApp beta sudah bisa menjajal fitur ini. Ada kemungkinan, pengguliran untuk pengguna beta juga bertahap.

Karena sudah menyambangi WhatsApp versi Beta, ada kemungkinan fitur menyembunyikan last seen, foto profil, dan info lewat opsi "My Contacts Except" untuk beberapa kontak tertentu, bakal meluncur di WhatsApp versi "reguler" atau publik dalam waktu dekat.

Jika sudah meluncur, tidak menutup kemungkinan bahwa fitur ini juga bakal bisa dijajal pengguna umum secara bertahap seperti biasanya. Kita nantikan saja.

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/18/12310087/whatsapp-mulai-uji-coba-fitur-sembunyikan-last-seen-dari-kontak-tertentu

Rekomendasi untuk anda
27th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.