Salin Artikel

Seperti Inikah Cara Kerja Tombol Edit Twitter?

KOMPAS.com - Setelah lama dinanti, Twitter akhirnya memastikan bahwa pihaknya bakal menghadirkan fitur atau tombol edit di Twitter untuk mengubah twit asli yang sudah pengguna kirim.

Belakangan, tampilan serta cara kerja fitur yang disebut sebagai "Edit Tweet" tersebut menyeruak di internet.

Dalam sebuah twit, seorang reverse engineer bernama Nima Owji dengan handle @nima_owji, misalnya, mengumbar bahwa tombol edit di Twitter nantinya bisa ditemukan di ikon "tiga titik" pada bagian atas tiap twit.

Reverse engineer sendiri merupakan sebutan bagi orang yang gemar mengotak-atik kode di dalam sebuah aplikais atau platform online. Hal ini demi mengetahui apa saja fitur-fitur baru yang bakal diluncurkan di kemudian hari, dalam hal ini adalah Twitter.

Owji tidak menjelaskan apakah pengguna bisa melihat riwayat perubahan twit yang telah diedit tersebut atau tidak.

Namun, ia mengamati bahwa fitur Edit Tweet tampaknya tidak akan menghapus twit lama, melainkan bakal membuat twit lainnya yang sepenuhnya baru.

Sejalan dengan Owji, reverse engineer kenamaan lainnya yang bernama Jane Manchun Wong juga mengatakan dalam sebuah twit (via handle @wongmjane) bahwa tombol edit di Twitter sederhananya bakal membuat twit baru.

Nantinya, twit baru tersebut bakal ditampilkan atau dihubungkan dengan twit lama sebagai pembaruan konten, dan tentunya bakal memiliki satu Tweet ID atau alamat URL yang sama, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (19/4/2022).

Dengan kata lain, fitur Edit Tweet ini bisa saja dibarengi dengan tampilan baru yang menyajikan riwayat perubahan twit, setidaknya sejak pertama kali twit asli diunggah pengguna.

Meski mengumbar cara kerja tombol edit di Twitter, baik Owji dan Jane tidak menguak bagaimana sebenarnya tampilan twit yang sudah diperbarui dengan fitur Edit Tweet ini, khususnya tampilan baru yang disebut bakal menampilkan riwayat twit tadi.

Hingga saat ini, Twitter sendiri belum menyampaikan informasi terkini soal fitur Edit Tweet, serta mengonfirmasi keakuratan informasi yang disampaikan Owji dan Jane tadi.

Artinya, belum bisa dipastikan apakah Twitter bakal menghadirkan tampilan riwayat perubahan twit atau tidak.

Adapun informasi terakhir yang disampaikan secara resmi oleh pihak Twitter diumbar pada awal April lalu.

Kala itu, mereka mengatakan bahwa pihaknya tengah menguji coba fitur tersebut ke sejumlah pengguna yang berlangganan Twitter Blue selama beberapa bulan ke depan.

"Kami sedang menguji coba fitur Edit Tweet selama beberapa bulan ke depan kepada pengguna Twitter Blue Labs," tulis Twitter dalam sebuah twit melalui akun dengan handle @TwitterComms awal April lalu.

"Hal ini dilakukan untuk menelusuri hal apa saja yang harus ditambahkan, begitu juga hal apa yang harus dihilangkan dari fitur tersebut supaya bisa berjalan dengan lancar," pungkas Twitter.

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/19/15300037/seperti-inikah-cara-kerja-tombol-edit-twitter

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.