Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Arti Kata “Red Flag” yang Kerap Digunakan di TikTok dan Twitter

KOMPAS.com - Di media sosial seperti TikTok dan Twitter, kerap bermunculan bahasa gaul yang mungkin jarang dijumpai penggunaannya di kehidupan sehari-hari, salah satu contohnya adalah kata “Red Flag”.

Bagi Anda yang kerap bermain media sosial, mungkin sudah sering menjumpai kata Red Flag di TikTok dan Twitter. Kendati mungkin pernah menjumpainya, tahukah apa yang dimaksud dengan Red Flag?

Secara harfiah, Red Flag merupakan kata yang berasal dari bahasa Inggris dan memiliki arti “bendera merah”. Namun, bila ditilik pada kebiasaan pengguna di TikTok dan Twitter, arti kata Red Flag bukanlah “bendera merah”.

Kata bahasa gaul tersebut umumnya dipakai oleh pengguna di TikTok atau Twitter, untuk menunjukkan kondisi relasi sosial antar pengguna, bisa dalam hubungan percintaan atau pertemanan.

Pengguna biasa mencantumkan kata Red Flag di media sosial dalam bentuk tertulis dan bisa juga memakai simbol atau emoji bendera merah. Salah satu contoh Red Flag bisa dilihat lewat unggahan oleh akun dengan handle @obnelson1 di Twitter.

Jika di unggahan Twitter tersebut kata Red Flag termuat dalam bentuk tertulis, berbeda lagi dengan unggahan video TikTok yang mencantumkan Red Flag dalam bentuk simbol bendera merah.

Contoh Red Flag tersebut bisa dilihat pada unggahan video oleh akun dengan handle @nofrenal di TikTok, sebagaimana tercantum di bawah ini.

Dari dua contoh pemakaian Red Flag tersebut, masing-masing tidak berisi penjelasan lebih lanjut mengenai arti kata tersebut. Namun dari dua contoh tersebut, kata Red Flag bisa dipahami memiliki konotasi yang negatif, selain berarti bendera merah.

Jika ditelusuri lebih lanjut, arti kata Red Flag secara umum adalah tanda peringatan bahaya. Dikutip dari kamus bahasa Inggris Merriam-Webster, Red Flag juga bisa diartikan sebagai sesuatu yang menunjukkan peringatan pada sebuah masalah atau bahaya.

Makna yang terkandung di kata Red Flag tersebut, tampaknya lebih sering dipakai oleh pengguna Twitter dan TikTok untuk menunjukkan situasi dalam relasi sosial yang berbahaya, baik di hubungan percintaan atau pertemanan.

Itulah arti kata Red Flag di Twitter dan TikTok yang mungkin kerap dijumpai, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/20/14150057/arti-kata-red-flag-yang-kerap-digunakan-di-tiktok-dan-twitter

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke