Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Netflix Pertimbangkan Opsi Langganan Murah, tetapi Pakai Iklan

Dalam laporan itu pula Netflix mengumumkan bahwa jumlah pelanggan berbayarnya turun hingga 200.000 pelanggan pada awal tahun ini. Penurunan jumlah pelanggan ini tercatat merupakan pertama kalinya dalam 10 tahun terakhir.

Berkaca dari hal tersebut, Netflix sedang mempertimbangkan opsi berlangganan yang lebih murah, namun disertai dengan iklan.

Wacana ini diungkapkan oleh Co-founder dan Co-CEO Netflix, Reed Hastings, dalam pengumuman pendapatan perusahaan pada Selasa (19/4/2022).

Hastings sendiri sebenarnya menentang keberadaan iklan dalam layanannya. Netflix pun saat ini hanya menyediakan opsi berlangganan dengan biaya langganan yang ditetapkan perusahaan, tanpa menyediakan opsi menonton secara gratis.

Namun, rekor penurunan jumlah pelanggan Netflix saat ini kemungkinan mendesaknya mempertimbangkan opsi iklan.

"Mereka yang mengikuti Netflix tahu bahwa saya menentang iklan dan sangat menyukai opsi berlangganan yang sederhana... Namun, sekeras apa pun tekad saya, pilihan konsumen berperan lebih besar, dan memungkinkan konsumen yang ingin harga lebih murah serta toleran terhadap iklan, sangat masuk akal," kata Hastings, dikutip KompasTekno dari Digital Trends, Kamis (21/4/2022).

Meski mengungkapkan wacananya, Hastings memastikan opsi langganan Netflix yang lebih murah dan disertai iklan itu tidak akan tersedia dalam waktu yang cepat.

Ia bahkan berkata opsi itu tidak belum akan tersedia pada tahun depan. Artinya, pelanggan saat ini hanya bisa menggunakan opsi langganan Netflix yang sudah tersedia sejauh ini.

Jumlah pelanggan akan turun lagi

Dalam kesempatan yang sama Hastings mengungkapkan perkiraan jumlah pelanggan pada kuartal selanjutnya. Alih-alih naik, jumlah pelanggan Netflix diprediksi turun hingga 2 juta pelanggan berbayar pada kuartal II-2022.

Penyebabnya adalah persaingan yang meningkat, perang di ukraina hingga praktik berbagi password yang kerap dilakukan oleh pelanggan.

Opsi berlangganan kompetitor Netflix

Kompetitor Netflix seperti Hulu dan Peacock sudah menawarkan opsi berlangganan yang didukung iklan.

Disney+ juga telah mengumumkan pihaknya akan menambah opsi berlangganan yang didukung iklan untuk pelanggan di Amerika Serikat (AS) pada tahun depan.

Adapun Apple TV+ tidak menyediakan opsi berlangganan yang didukung iklan. Begitu pula dengan Amazon Prime, tetapi layanan ini dikombinasikan dengan layanan lainnya sehingga pelanggan tidak hanya mendapat penawaran streaming video.

Sementara itu, di Indonesia, platform streaming seperti Viu dan iQiYi menyediakan opsi menonton gratis. Namun, opsi ini disertai dengan banyak iklan.

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/21/12020097/netflix-pertimbangkan-opsi-langganan-murah-tetapi-pakai-iklan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke