Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Mengatasi Notifikasi WhatsApp yang Tidak Muncul

KOMPAS.com - Fitur pemberitahuan atau notifikasi WhatsApp cukup berguna bagi pengguna, untuk memberikan peringatan saat terdapat pesan atau panggilan yang baru masuk di ponsel.

Di sisi lain, tak jarang beberapa pengguna menemukan permasalahan terkait pengoperasian fitur tersebut, misalnya seperti notifikasi WhatsApp tidak muncul. Idealnya, notifikasi Whatsapp bakal muncul di layar ponsel saat terdeteksi ada pesan baru yang masuk.

Namun pada kondisi tertentu, pengguna bisa tidak dapat melihat atau menerima notifikasi tersebut di layar ponsel. Alhasil, pesan atau panggilan baru yang masuk tidak dapat dilihat juga, sebelum pengguna membuka aplikasi WhatsApp.

Fitur notifikasi WhatsApp sebenarnya hadir untuk memudahkan pengguna saat ingin mengetahui terdapat pesan atau panggilan yang baru masuk.

Dengan fitur tersebut, pengguna bisa melihat pesan atau panggilan yang baru masuk langsung di Home Screen atau Lock Screen, tanpa harus membuka aplikasi WhatsApp.

Saat persoalan notifikasi WhatsApp tidak muncul terjadi, mungkin bakal jadi merepotkan pengguna. Lantas, kenapa notifikasi WhatsApp tidak muncul? Simak, penjelasan berikut ini.

Penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul

Dikutip dari laman resmi WhatsApp, penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul bisa timbul karena perangkat tidak tersambung dengan koneksi internet yang memadai. WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang mengandalkan internet dalam pengoperasiannya.

Saat koneksi internet terjadi gangguan, berkirim pesan atau melakukan panggilan di WhatsApp jadi juga ikut terganggu, sehingga notifikasi bisa terlambat muncul di layar ponsel atau bahkan tidak muncul.

Penyebab notifikasi WhatsApp tidak muncul bisa ditimbulkan pula karena terjadi gangguan pada sistem perangkat lunaknya. Versi perangkat lunak WhatsApp yang terlalu usang mungkin membawa gangguan yang menghambat pengoperasian fiturnya.

Kemudian, notifikasi WhatsApp yang tidak muncul bisa juga disebabkan karena terjadi kesalahan dalam mengonfigurasi pengaturan pemberitahuan perangkat.

Saat opsi notifikasi aplikasi dimatikan, otomatis ponsel tidak bakal menampilkan pemberitahuan, termasuk pada pesan atau panggilan yang baru masuk di WhatsApp.

Itulah beberapa hal yang jadi penyebab kenapa notifikasi WhatsApp tidak muncul. Sementara itu, untuk bagaimana cara mengatur notifikasi WhatsApp tidak muncul, bisa disimak lewat penjelasan di bawah ini.

Cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul

1. Pastikan memiliki koneksi internet yang memadai

Jika ponsel tidak terhubung dengan koneksi internet yang memadai, fitur WhatsApp tidak bakal bisa berjalan dengan lancar, termasuk untuk memberikan notifikasi pesan atau panggilan yang baru masuk.

Untuk itu, pastikan Anda memiliki koneksi internet yang memadai. Misal terjadi gangguan, coba hubungkan ulang ponsel ke jaringan internet.

Caranya, aktifkan mode pesawat di ponsel untuk mematikan sambungan jaringan internet seluler. Tunggu sekitar 30 detik, lalu matikan mode pesawat, dengan cara klik ikon pesawat di menu pengaturan cepat.

Jika ponsel terhubung dengan jaringan WiFi, Anda bisa mematikan dan mengaktifkan lagi sambungan WiFi di ponsel, dengan cara klik ikon sinyal WiFi pada menu pengaturan cepat.

2. Pastikan penggunaan data di latar belakang telah aktif

Baik ponsel dengan sistem operasi Android maupun iOS, memiliki fitur yang memungkinkan penggunaan data internet bisa tetap berjalan pada aplikasi yang berada di latar belakang.

Penggunaan data internet di latar belakang tersebut berguna agar pengguna dapat menerima pembaruan dari suatu aplikasi secara langsung, termasuk untuk notifikasi.

Bila penggunaan data di latar belakang untuk aplikasi WhatsApp dimatikan, pengguna bakal tidak dapat menerima pembaruan notifikasinya. Dengan demikian, pastikan penggunaan data di latar belakang telah aktif untuk aplikasi WhatsApp.

Cara mengaktifkan penggunaan data di latar belakang itu berbeda-beda tiap ponsel. Namun, umumnya Anda perlu mengakses menu “Pengaturan”, kemudian memilih opsi penggunaan data, lalu pilih aplikasi WhatsApp.

Setelah itu, pastikan fitur penggunaan data di latar belakang pada aplikasi WhatsApp telah dalam kondisi aktif.

3. Periksa konfigurasi pengaturan notifikasi WhatsApp

Cara mengatasi notifikasi WhatsApp yang tidak muncul berikutnya adalah dengan memeriksa konfigurasi pengaturan pemberitahuan aplikasi. Caranya, klik menu “Pengaturan” di aplikasi WhatsApp.

Kemudian, pilih opsi “Pemberitahuan”, pastikan fitur pemberitahuan WhatsApp telah diaktifkan. Anda bisa juga memeriksa konfigurasi pengaturan pemberitahuan WhatsApp di menu “Pengaturan” ponsel.

Pada opsi yang biasanya berjudul “pemberitahuan” atau “notifikasi” dalam menu tersebut, pastikan notifikasi untuk aplikasi WhatsApp juga telah diaktifkan.

4. Memuat ulang aplikasi

Cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul bisa dilakukan dengan memuat ulang aplikasinya. Caranya menutup aplikasi WhatsApp secara penuh, lalu membukanya lagi.

Tiap jenis ponsel punya langkah yang berbeda untuk menutup aplikasi secara penuh. Ikuti panduan menutup aplikasi secara penuh yang ada di ponsel Anda. Memuat ulang ini bertujuan untuk menyegarkan sistem aplikasi agar dapat berjalan lancar.

5. Perbarui aplikasi WhatsApp

Kemudian, cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul juga bisa dilakukan dengan dengan memperbarui versi aplikasinya. Pembaruan versi aplikasi biasanya membawa perbaikan pada sejumlah gangguan, termasuk mungkin perbaikan masalah notifikasi yang tidak muncul.

Cara memperbarui versi aplikasi WhatsApp bisa dilakukan lewat toko aplikasi pada masing-masing ponsel, seperti Google Play Store untuk ponsel Android dan App Store untuk iPhone.

Selain lima cara di atas, WhatsApp juga menganjurkan pada pengguna untuk memuat ulang perangkat bila terjadi persoalan notifikasi yang tidak muncul. Itulah lima cara mengatasi notifikasi WhatsApp tidak muncul, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/21/16150087/5-cara-mengatasi-notifikasi-whatsapp-yang-tidak-muncul

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke