Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

XL Janji Kecepatan 4G Makin Kencang jika 3G Mati Total

Pasalnya, XL mengatakan bahwa lebar pita yang semula digunakan oleh jaringan 3G, akan dialihkan sepenuhnya untuk 4G LTE.

Direktur & Chief Technology Officer XL Axiata, I Gede Darmayusa, mengatakan bahwa XL saat ini masih menggunakan pita selebar 5 MHz di frekuensi 2.100 MHz untuk jaringan 3G. Adapun total lebar pita yang dimiliki XL di frekuensi tersebut adalah 15 MHz.

"Kami melihat begitu kami sunset (mematikan) 3G dan memakai 5 MHz untuk LTE, kecepatan itu akan naik 10 sampai 15 persen," kata Gede saat ditemui di Jakarta Selatan, Jumat (22/4/2022).

Gede mengatakan, saat ini proses suntik mati sinyal 3G sudah mencapai 96 persen dan diharapkan segera rampung.

Menurut Gede, saat ini diperkirakan masih ada sekitar 2000 site 3G yang belum dimatikan. Sebab, jumlah trafik layanan panggilan suara (voice) 3G di site tersebut masih besar.

"Kami tidak mau kehilangan subscriber, terutama voice karena ARPU-nya besar. Kalau data, misalnya, Rp 50.000 sudah cukup untuk satu bulan. Kalau voice, kadang mereka bisa Rp 100.000 sampai Rp 200.000," kata Gede.

Gede menambahkan, para pelanggan 3G tersebut kemungkinan masih belum menggunakan handset 4G dan kartu SIM 4G.

Kendati tidak mau kehilangan pengguna layanan voice, XL sendiri tetap ingin pelanggan dapat beralih menggunakan layanan data.

Sebab saat ini memang sudah mengandalkan data sebagai penghasil revenue tertinggi. Menurut Gede, kontribusi layanan data terhadap total revenue mencapai 93 persen.

"Jadi penambahan experience 15 persen itu sebanding dengan penambahan trafik. Karena orang akan spend more (lebih banyak menggunakan layanan)," ungkap Gede.

Gede mencontohkan, dahulu pengguna XL selama 10 menit menghabiskan data 100 MB. Sekarang karena kecepatan yang lebih tinggi, 10 menit bisa menghabiskan 150 MB.

"Otomatis buat kami itu revenue. Jadi kami ingin lebih cepat," pungkas Gede.

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/25/07180067/xl-janji-kecepatan-4g-makin-kencang-jika-3g-mati-total

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke