Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Developer Asal Malang Bikin Game Buat Belajar "Grammar" Bahasa Inggris

KOMPAS.com - Pengembang game indie asal Malang, Jawa Timur bernama Algorocks dan Simpleton, merancang game yang bertujuan untuk membantu pemain belajar grammar bahasa Inggris.

Grammar sendiri adalah tata bahasa dalam bahasa Inggris dan bisa dibilang cukup menjadi tantangan bagi sebagian besar orang yang sedang belajar bahasa Inggris karena cukup rumit.

Nah, untuk membantu mereka yang sedang belajar grammar bahasa Inggris, Algorocks dan Simpleton mengembangkan game bernama Grammarian Ltd.

Melalui game ini, pengguna bisa belajar bahasa Inggris sembari bermain mengikuti alur cerita yang ada di dalam game.

Grammarian Ltd memiliki latar waktu di tahun 2099, di mana orang yang memiliki banyak kesalahan dalam grammar bahasa Inggris akan dianggap buruk oleh masyarakat, dan bahkan bisa dipenjara oleh pemerintah.

Di dalam Grammarian Ltd, pemain akan berperan sebagai lulusan baru atau fresh graduate dari jurusan matematika yang "apes" dan terpaksa harus bekerja menjadi orang yang memvalidasi aneka dokumen berbahasa Inggris di suatu perusahaan.

Tugas pengguna sendiri sederhana, yaitu mengecek seluruh dokumen yang tersedia sesuai dengan arahan atau misi yang ditentukan.

Untuk misi kata benda tunggal atau singular noun, misalnya, pengguna harus mencari sejumlah kata benda tunggal yang ada di dalam dokumen, sebagaimana ilustrasi gambar di atas.

Jika pengguna bekerja dengan baik dan mengerjakan seluruh instruksi yang ditentukan, maka mereka akan mendapatkan peningkatan kemampuan dan bayaran atau gaji harian yang sesuai.

Nantinya, level kemampuan pengguna akan berfungsi untuk meningkatkan besaran gaji, sedangkan gaji sendiri bisa dihabiskan untuk membeli berbagai kebutuhan dan fitur di dalam game yang bisa mempermudah pekerjaan mereka sebagai validator bahasa.

Grammarian Ltd telah diluncurkan pekan lalu, tepatnya pada 20 April. Game ini diluncurkan di platform PC (via Steam), Android (tautan unduh), dan iOS (tautan unduh) dengan harga Rp 60.000-an.

Untuk memeriahkan momen peluncuran, pengguna smartphone Android bisa membeli game ini seharga Rp 1.000 khusus untuk hari ini (hari terakhir promo).

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/26/10300047/developer-asal-malang-bikin-game-buat-belajar-grammar-bahasa-inggris

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke