Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Bos Amazon soal Elon Musk Beli Twitter: China Diuntungkan?

KOMPAS.com - CEO Amazon, Jeff Bezos turut mengomentari pengumuman pembelian Twitter oleh CEO Tesla, Elon Musk. Pendiri sekaligus CEO marketplace ternama itu mengaitkan akuisisi Twitter oleh Musk dengan negara China.

Musababnya, Elon Musk memiliki pabrik Tesla di Shanghai, China atas izin pemerintah setempat. Sementara itu, Twitter merupakan salah satu aplikasi yang dilarang di negara Tirai Bambu tersebut.

Jadi, Bezos mempertanyakan apakah pemerintah China akan mendapat keuntungan atas plangkah Musk membeli Twitter, karena keduanya memiliki hubungan dekat.

"Apakah pemerintah China baru saja mendapat sedikit keuntungan?", tulis Bezos di Twitter dengan handle @JeffBezos, seraya meretweet sebuah postingan tentang hubungan Tesla dan China.

Ia kemudian menjawab pertanyaannya sendiri, dengan berkata bahwa jawabannya adalah tidak. Bezos justru beranggapan bahwa tantangan yang dihadapi Musk adalah terkait bisnis Tesla di China, bukan terkait pemblokiran Twitter.

"Kita lihat saja. Musk sangat pandai menavigasi kompleksitas semacam ini," tulis Bezos dalam cuitannya.

Pabrik Tesla di China sendiri merupakan fasilitas penting bagi perusahaan. Dirangkum KompasTekno dari CNBC, Selasa (26/4/2022), manufaktur itu didirikan pada tahun 2018 dan menjadi fasilitas untama untuk memasok komponen baterai mobil listrik Tesla.

Motif Elon Musk akuisisi Twitter

Dalam pandangan Elon Musk, Twitter memiliki potensi yang luas biasa. Terkait keputusan akuisisi Twitter, Musk menyatakan keinginannya melindungi kebebasan berbicara atau berpendapat.

"Kebebasan berbicara adalah landasan dari demokrasi, dan Twitter adalah pusat kota digital untuk hal-hal penting bagi masa depan umat manusia yang diperdebatkan di sini," kata Musk dalam keterangan resmi usai pengumuman akuisisi Twitter, dikutip KompasTekno dari MobileSyrup.

Dalam keterangan yang sama, ia juga berkata akan membuat Twitter menjadi lebih baik dari sebelumnya dengan menghadirkan fitur-fitur baru, meningkatakan kepercayaan melalui algoritma terbuka (open source), memerangi bot spam hingga mengatentikasi semua pengguna.

"Saya juga ingin membuat Twitter lebih baik dari sebelumnya dengan meningkatkan produk melalui fitur-fitur baru," ujar Musk.

"Twitter memiliki potensi luar biasa, saya berharap dapat bekerja sama dengan perusahaan dan komunitas pengguna untuk membukanya (potensi)," imbuhnya.

Twitter sendiri dibeli oleh Elon Musk senilai 44 miliar dollar AS atau sekitar Rp 634 triliun. Setelah dibeli Elon Musk, Twitter akan menjadi perusahaan privat, bukan lagi perusahaan publik yang melantai di bursa saham AS.

Para pemegang saham akan menerima 54,20 dollar AS (sekitar Rp 750.000) secara tunai untuk per saham Twitter yang mereka miliki.

Angka tersebut sesuai dengan penawaran yang diajukan Musk dan merupakan 38 persen dari premi harga penutupan saham Twitter pada 1 April, hari perdagangan terakhir sebelum Musk mengungkap kepemilikan sahamnya di Twitter awal bulan lalu.

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/26/20020007/bos-amazon-soal-elon-musk-beli-twitter-china-diuntungkan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke