Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

3 Cara Cek Tarif Tol Secara Online buat Persiapan Mudik Lebaran 2022

KOMPAS.com - Bagi masyarakat yang hendak melangsungkan perjalanan mudik Lebaran 2022 dan melintasi jalan tol, ada baiknya untuk mengetahui besaran tarif tol yang harus dibayarkan.

Dengan mengetahui besaran tarif tol sebelum berangkat mudik Lebaran 2022, nantinya masyarakat bisa memperkirakan atau menghitung berapa banyak saldo yang perlu diisi pada kartu e-toll.

Hampir semua pintu masuk tol kini telah menerapkan sistem pembayaran nontunai menggunakan kartu e-toll. Bila ternyata saldo di kartu e-toll tak mencukupi, mungkin bakal membuat repot saat ingin melintasi jalan tol dalam perjalanan mudik Lebaran 2022.

Dengan demikian, cek tarif tol sebelum berangkat mudik kiranya penting untuk dilakukan. Cek tarif tol kini dapat dilakukan secara online lewat layar ponsel, dengan memanfaatkan layanan dari beberapa aplikasi dan website.

Jadi, bagi Anda yang ingin mudik nanti, bisa dengan mudah memeriksa besaran tarif masuk jalan tol yang hendak dilintasi, sekaligus dapat memperkirakan jumlah saldo e-toll yang akan dibawa.

Sudah penasaran dengan cara cek tarif tol online? Simak penjelasan di bawah ini.

Waze merupakan aplikasi dengan fitur utama peta dan navigasi, mirip Google Maps. Waze memiliki fitur yang memungkinkan setiap pengguna untuk bisa menambahkan informasi yang bersangkutan dengan perjalanan, termasuk tarif tol.

Melalui informasi dari pengguna lain di Waze itu, Anda bisa mengetahui estimasi besaran tarif tol yang bakal dibayarkan ketika menuju ke lokasi tertentu via jalan tol. Adapun cara cek tarif tol di Waze adalah sebagai berikut:

  • Buka aplikasi Waze di ponsel Anda, pastikan izin akses fitur Lokasi telah diaktifkan
  • Ketuk opsi “Waze Saya” dan ikon ikon gerigi roda untuk mengakses menu “Pengaturan”
  • Setelah itu, klik opsi “Navigasi” dan pastikan opsi “Hindari Jalan Berbayar” telah dinonaktifkan
  • Keluar dari menu “Pengaturan”, lalu atur rute perjalanan Anda
  • Terakhir, Waze bakal menampilkan informasi seputar estimasi tarif tol yang bakal dikeluarkan saat melintasi jalan tol dengan rute tersebut.

Perlu diingat, tarif tol itu merupakan hasil estimasi dari informasi yang ditambahkan oleh pengguna lain di Waze, bukan tarif aktual yang ditetapkan oleh operator jalan tol.

Aplikasi Waze bisa diunduh secara gratis di toko aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone).

Travoy merupakan aplikasi yang dikelola oleh perusahaan Jasa Marga dengan layanan sistem informasi seputar jalan tol, termasuk tarif tol. Sementara itu, cara cek tarif tol di Travoy bisa dilakukan dengan langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi Travoy di ponsel
  • Kemudian, klik opsi “Tarif Tol” yang tertera di halaman awal aplikasi
  • Pilih jenis kendaraan yang Anda pakai
  • Masukkan pintu masuk dan keluar jalan tol yang hendak dilintasi, lalu klik opsi “Submit”
  • Terakhir, aplikasi bakal menampilkan total tarif tol yang harus dibayarkan.

Aplikasi Waze bisa diunduh secara gratis di toko aplikasi Google Play Store (untuk ponsel Android) atau App Store (untuk iPhone).

Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat memiliki website dengan layanan sistem informasi seputar jalan tol, salah satunya termasuk tarif tol.

Anda bisa juga memanfaatkan layanan dari website BPJT untuk cek tarif tol secara online, dengan cara sebagai sebagai berikut:

Itulah tiga cara cek tarif tol online lewat aplikasi Waze, Travoy, dan website BPJT buat persiapan mudik Lebaran 2022, semoga bermanfaat.

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/27/16150007/3-cara-cek-tarif-tol-secara-online-buat-persiapan-mudik-lebaran-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke