Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Ini Wilayah yang Siaran TV Analognya Batal Dimatikan pada 30 April 2022

KOMPAS.com - Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menetapkan tiga wilayah dimulainya Analog Switch Off (ASO) atau penghentian siaran TV analog tahap pertama. Tahap pertama ASO sendiri akan berlaku pada 30 April 2022.

Ketiga wilayah itu termasuk wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT), Papua Barat dan Riau. Lebih rinci, wilayah penghentian siaran TV analog di NTT mencakup dua wilayah yaitu NTT-3 dan NTT-4, terdiri dari Kabupaten Timor Tengah Utara, Belu dan Malaka.

Wilayah selanjutnya yaitu Papua Barat-3, meliputi kota Sorong dan Kabupaten Sorong. Sementara di Riau, wilayah siaran yang efektif dihentikan siaran TV analognya yaitu Riau-4, meliputi Kota Dumai, Kabupaten Bengkalis dan Kepulauan Meranti. 

"Penghentian tetap siaran TV analog tahap I dimulai dari tiga wilayah siaran yang berada di 3 provinsi dan di 8 kabupaten/kota," kata Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Johnny G. Plate dalam konferensi pers Kick Off ASO tahap I yang digelar secara virtual, Jumat (29/4/2022).

Keputusan ini berubah dari kebijakan Kominfo tentang wilayah ASO tahap I yang ditetapkan sebelumnya. Semula, Kominfo menetapkan ASO tahap I akan berlaku di 116 kabupaten/kota yang meliputi 56 wilayah siaran.

Dengan demikian, wilayah lain selain ketiga wilayah di atas, pelaksanaan penghentian siaran TV analog/ASO akan ditunda. Sehingga, masyarakat selain di wilayah NTT, Riau dan Papua Barat, masih dapat menonton siaran TV analog.

Belum diketahui kapan wilayah yang ditunda akan terdampak penghentian siaran TV analog. Menkominfo juga belum menjelaskan alasan penundaan di sebagian besar wilayah.

Adapun rincian wilayah yang siaran TV analognya batal dihentikan pada 30 April dan masih bisa menonton TV analog yaitu sebagai berikut.

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/29/12100027/ini-wilayah-yang-siaran-tv-analognya-batal-dimatikan-pada-30-april-2022

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke