Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Induk Snapchat Ogah Latah Tren Metaverse karena Konsepnya Masih Ambigu

KOMPAS.com - Belakangan, berbagai perusahaan teknologi raksasa di dunia seperti Meta (dahulu Facebook), Microsoft, hingga Google berlomba-lomba mengucurkan dana mereka untuk menggarap proyek "metaverse".

Metaverse adalah konsep yang memungkinkan setiap orang untuk berinteraksi, bekerja, bermain game, dan melakukan hal lainnya di lingkungan virtual. Di metaverse, setiap orang bakal direpresentasikan dalam bentuk avatar 3D yang unik.

Meski terdengar canggih, Snap, perusahaan kamera augmented reality (AR) yang merancang platform media sosial Snapchat, mengatakan bahwa pihaknya saat ini tidak "latah" fokus ke proyek atau menggunakan istilah metaverse.

Hal ini disampaikan CEO Snap, Evan Spiegel dalam sebuah wawancara. Menurut dia,  metaverse saat ini memiliki konsep yang tidak jelas, di samping arti di balik metaverse itu sendiri yang tidak selaras di benak orang.

"Alasan kami tidak menggunakan kata tersebut (metaverse) karena istilah ini sangat ambigu dan masih sekadar konsep yang berdasarkan angan-angan," ujar Spiegel, dikutip KompasTekno dari TheVerge, Sabtu (30/4/2022).

"Dari segi pemahamannya, misalnya, beberapa orang mungkin akan memiliki pandangan atau menjelaskan konsep metaverse dengan arti yang berbeda-beda," imbuh Spiegel.

Fokus ke pengalaman AR

Alih-alih fokus ke metaverse yang belum terlihat wujudnya, Spiegel menambahkan bahwa Snap saat ini fokus kepada fitur atau perangkat yang bisa memaksimalkan pengalaman AR.

Salah satunya melalui perangkat drone bernama Pixy yang baru saja diluncurkan Snap belum lama ini.

Drone berbanderol 229 dolar AS (sekitar Rp 3,3 juta) tersebut sederhananya berfungsi untuk menunjang kegiatan swafoto para pengguna Snap sembari mengapilkasikan berbagai filter AR yang ada di aplikasi Snapchat.

"Yang paling terpenting sekarang adalah orang-orang akan lebih banyak menghabiskan waktu mereka di dunia nyata (alih-alih metaverse)," tutur Spiegel.

"Itu sebabnya kami merancang berbagai hardware (salah satunya Pixy) yang bisa mengubah cara orang menggunakan produk kami (Snapchat), dibanding membicarakan suatu konsep yang belum nyata," tambah Spiegel.

Selain Pixy, Snap juga diketahui membuat produk AR lainnya berupa kacamata yang bernama Spectacles. Kacamata ini hadir dalam beberapa versi dan versi terbarunya konon tengah diuji coba oleh para pengembang.

Adapun Spectacles memungkinkan pengguna untuk berinteraksi dengan berbagai filter AR Snapchat, atau biasa disebut Lenses untuk bermain game, mempercantik foto wajah dan mengunggahnya ke media sosial, atau sekadar lucu-lucuan dan ajang pamer konten.

https://tekno.kompas.com/read/2022/04/30/10000077/induk-snapchat-ogah-latah-tren-metaverse-karena-konsepnya-masih-ambigu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke