Salin Artikel

Mengapa OS Android Dinamai "Android"?

Namun, apakah Anda pernah bertanya-tanya mengapa OS Android dinamai "Android"? Apakah memang merepresentasikan OS yang begitu canggih?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut kita harus kembali ke era 80-90an, melihat kehidupan sang pembuat OS Android, Andy Rubin, pada tahun tersebut.

Pada 1989-1992, Andy Rubin bekerja di Apple. Di perusahaan rintisan Steve Jobs tersebut, ia mendapat julukan "Android" lantaran kecintaannya terhadap robot yang menyerupai manusia.

Kemudian pada 2003, Andy membuat perusahaan pembuat sistem operasi untuk kamera yang bernama Android Incorporated (Inc.), di mana nama Android tersebut berasal dari nama panggilannya pada saat bekerja di Apple.

Lalu pada 2005, Google mengakuisisi Android Inc. dan melanjutkan proyek OS smartphone yang berdasarkan OS open source Linux. Ponsel pertama Android pun dirilis pada 2008, yakni HTC Dream. 

Pada tahun yang sama, Andy membuat situs web Android.com dan hingga saat ini, laman website tersebut berisi tentang berbagai fitur terkait versi terbaru dari OS Android.

Terkait versinya sendiri, OS Android saat ini sudah dirilis dalam berbagai versi (terakhir Android 13 versi Beta) dan kepopulerannya semakin meningkat seiring dengan kebutuhan smartphone di masa kini.

Nah, dengan berbagai fakta ini, kita bisa menyimpulkan bahwa nama Android memang diambil dari kepribadian Andy sendiri yang sudah melekat pada saat ia kerja di Apple, yang bisa dibilang cocok untuk OS yang bisa melakukan berbagai hal.

Hal ini juga menepis rumor yang berseliweran di dunia maya, yang mengeklaim bahwa nama Android berasal dari nama Andy Rubin yang disingkat.

Ada pula kabar yang menyebut bahwa nama panggilan "Andy" memang terdengar seperti "Android", sebagaimana dirangkum KompasTekno dari HowToGeek, Selasa (3/5/2022).

Saat ini, Andy sendiri sudah tidak bekerja di Google. Namun, nama Andy Rubin tetap dikenal di dunia teknologi dan bahkan banyak yang menjululukinya sebagai "Bapak Android" karena kontribusinya terhadap nama dan pengembangan OS tersebut.

https://tekno.kompas.com/read/2022/05/02/18150077/mengapa-os-android-dinamai-android-

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.