Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Cara Mengatasi TikTok Error

TikTok error yang kerap dialami pengguna misalmya, aplikasi tidak bisa dibuka,freezing atau tampilan tidak berubah meski sudah menekan beberapa fitur di aplikasi, crashing atau tiba-tiba aplikasi tertutup dengan sendirinya, dan lagging atau aplikasi berjalan lebih lamban dari biasanya.

Apabila TikTok mengalami error, ada sejumlah cara yang bisa dilakukan. Berikut KompasTekno rangkumkan beberapa cara mengatasi TikTok Error, dihimpun dari AndroidAuthority, Jumat (6/5/2022).

1. Cek koneksi internet

Saat TikTok dirasa mengalami gangguan, segeralah untuk mengecek koneksi internet di smartphone Anda. Bisa jadi, masalah bukan berasal dari aplikasinya, melainkan bersumber dari koneksi internet yang digunakan.

Jika memang koneksi yang bermasalah, Anda bisa mengubah sambungan internet, misalanya dari WiFi ke mobile data atau operator seluler yang Anda gunakan atau sebaliknya.

Kemudian, Anda bisa mengecek kecepatan masing-masing jaringan baik WiFi dan mobile data dengan beberapa situs pengecekan koneksi gratis seperti nperf.com, fast.com, dan speedtest.net.

Anda bisa melakukan pengecekan sembari mengganti posisi Anda. Mungkin, Anda berada di lokasi yang cukup jauh dari WiFi sehingga koneksi yang diterima ponsel Anda menjadi lemah.

Bisa jadi pula, Anda berada di ruangan dengan tembok yang cukup tebal, sehingga jaringan mobile data Anda tidak cukup kuat untuk mendapatkan koneksi internet.

2. Restart aplikasi dan ponsel

Salah satu cara sederhana yang berfungsi untuk mengatasi kendala seperti TikTok yang tidak bisa dibuka, freezing, lagging, crashing, adalah dengan melakukan restart pada aplikasi atau ponsel Anda.

Anda cukup menutup aplikasi TikTok sepenuhnya, lalu mmebuka dan menjalankan ulang aplikasi TikTok. Langkah ini bisa digunakan untuk ponsel Android ataupun iOS.

Kemudian, jika masih belum bisa, nyalakan ulang ponsel Anda. Menyalakan ulang ponsel Anda akan menyetop aplikasi-aplikasi lainnya yang mungkin memperlambat kinerja ponsel Anda sehingga TikTok mengalami lagging, freezing, dan crashing.

3. Cek update aplikasi

Pastikan aplikasi TikTok yang Anda gunakan adalah versi terbaru. Dengan demikian, Anda harus rajin-rajin mengecek pembaruan atau update aplikasi di Play Store (Android0 atau App Store (iOS).

Aplikasi versi terbaru memungkinkan penggunanya mengakses layanan lebih lancar. Sebab, tidak jarang pengembang memberikan pembaruan keamanan untuk memperbaiki bug yang bisa jadi penyebab TikTok error.

Bagi pengguna Android, cara mengecek update aplikasi TikTok adalah membuka Google Play Store, kemudian pilih "Manage app and devices" atau "Kelola aplikasi dan perangkat", kemudian pilih "Updates available" atau "Pembaruan yang tersedia".

Cukup scroll ke bawah hingga Anda menemukan aplikasi TikTok. Jika tidak ditemukan, maka aplikasi Anda sudah mendapat pembaruan yang terbaru.

Untuk pengguna iPhone, Anda perlu membuka App Store, kemudian pada kolom pencarian ketik TikTok untuk mencari aplikasi. Ketika sudah ditemukan, akan ada tulisan "To update" di bagian deskripsi aplikasi. Jika tidak ada tulisan "To update" maka aplikasi Anda sudah pada versi yang terbaru.

4. Bersihkan cache

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi TikTok error adalah menghapus data cache. Data cache merupakan sebuah data sementara yang didapatkan dari aplikasi yang berjalan di ponsel.

Data ini disimpan dalam memori ponsel dan bersifat temporer alias tidak permanen. Salah satu contoh penggunaan data cache adalah ketika pengguna sedang browsing di internet.

Saat sedang mengunjungi sebuah situs di internet, tak jarang pengguna akan menjumpai konten berupa gambar dan video. Di waktu yang sama saat konten tersebut dimuat, browser akan menyimpan file sementara dari gambar dan video tadi di data cache.

Dengan menyimpan file sementara ini, nantinya browser dapat memuat gambar dan video dengan lebih cepat ketika pengguna hendak melihat konten yang serupa.

Data cache yang makin lama makin menumpuk merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan aplikasi hingga ponsel bekerja lebih lamban atau lelet.

Karena itu, pengguna disarankan untuk menghapus data cache secara berkala, terutama ketika kinerja ponsel sudah menjadi lamban.

Untuk menghapus data aplikasi TikTok Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut ini:

5. Cek apakah server down

Ada kemungkinan, aplikasi TikTok tidak bisa dibuka karena server aplikasi sedang down atau nonaktif untuk sementara waktu. Penyebab TikTok error atau layanan lain bermasalah biasanya karena ada maintenance (perbaikan) atau perawatan rutin server.

Perawatan rutin server diperlukan untuk menjaga stabilitas server dan juga pengecekan terhadap jika ada software penyusup yang mengancam keberadaan server.

Namun, jangan terburu-buru mengambil kesimpulan bahwa server sedang down. Anda dapat membuka laman Downdetector. Laman gratis ini berfungsi untuk mengecek jika memang terjadi pemadaman koneksi dari aplikasi.

Jika memang Anda berada di waktu yang memiliki jumlah laporan terkait pemadaman koneksi yang tinggi, maka bukan hanya Anda yang bermasalah ketika membuka TikTok.

Dalam kasus ini, Anda hanya bisa menunggu hingga aplikasi bisa kembalik dibuka, atau memantau menggunakan laman tersebut. Jika jumlah laporan menurun, artinya server TikTok sudah kembali beroperasi normal.

https://tekno.kompas.com/read/2022/05/06/16000047/5-cara-mengatasi-tiktok-error

Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke