Salin Artikel

Fitur WhatsApp Reactions Sudah Bisa Dicoba di Indonesia

KOMPAS.com - Setelah rumornya beredar sejak tahun lalu, WhatsApp (WA) akhirnya meluncurkan fitur "Reactions" atau Reaksi. Fitur ini bisa digunakan pengguna untuk menanggapi chat dari pengguna lainnya dengan memakai emoji yang tersedia.

Fitur ini sebenarnya bukan hal baru bagi perusahaan induk WhatsApp, Meta. Sebab, fitur yang sama sudah tersedia pada aplikasi Facebook serta Instagram.

Fitur Reactions di WA sendiri diumumkan oleh CEO Meta, Mark Zuckerberg melalui akun Facebooknya.

"Fitur WhatsApp Reactions mulai diluncurkan hari ini," kata Zuckerberg dalam postingannya sembari menunjukkan daftar emoji untuk WhatsApp Reaction.

Keenam emoji tersebut terdiri dari emoji jempol, hati, tertawa, sedih, terkejut hingga emoji kedua tangan simbol terimakasih.

Ke depannya, Zuck berkata akan menambah jumlah emoji agar lebih banyak reaksi yang bisa diungkapkan pengguna pada chat di WhatsApp.

"Kami menyertakan (emoji tangan yang menyatu) untuk membantu mengungkapkan terima kasih. Emoji lainnya segera hadir," ujar Zuck menambahkan.

Sudah bisa dicoba di Indonesia

Fitur WhatsApp Reactions juga sudah bisa dicoba di Indonesia. Fitur ini hadir di WhatsApp versi 2.22.11.9. Pantauan KompasTekno, enam emoji yang dapat digunakan untuk menanggapi pesan, sudah muncul dalam aplikasi WA di Tanah Air.

Adapun emoji yang tersedia utnuk WhatsApp di Indonesia, sama dengan emoji yang dibagikan Zuck melalui Facebooknya, yaitu emoji jempol hingga tertawa.

Untuk menggunakannya, pengguna hanya perlu menahan (hold) pesan yang ingin ditanggapi atau ditambahkan Reactions. Saat pesan terkait ditahan, akan muncul pop-up berisi enam emoji yang dapat dipilih untuk memberikan reaksi. Emoji terpilih akan ditampilkan tepat di bawah pesan atau chat.

Setiap pengguna juga bisa memberikan Reactions berkali-kali. Meski demikian, emoji yang ditampilkan akan berubah, alih-alih ditumpuk. Selain itu, pengguna bisa menghapus Reactions yang digunakan sebelumnya.

Adapun pemilik pesan yang ditanggapi akan menerima notifikasi ketika chat miliknya mendapat Reactions dari pengguna lainnya. Notifikasinya sama seperti saat penguna menerima pesan baru WhatsApp.

Pengguna bisa mengatur notifikasi WhatsApp Reactions lewat menu "settings/pengaturan" > notifikasi. Kemudian, gulir ke bawah hingga menemukan opsi "notifikasi Reaksi" di section "Pesan" dan "Grup".

Geser toggle (tombol di sisi kanan) ke arah kanan (berubah warna hijau) untuk mengantifkan notifikasi Reaksi agar muncul di layar, atau geser ke kiri (berubah warna abu-abu) untuk tidak menampilkan notifikasi Reaksi.

Meski sudah bisa dicoba di Indonesia, distribusi fitur ini tampaknya belum merata. Sebab, beberapa tim KompasTekno belum kebagian fitur yang sama. Kemungkinan fitur ini akan tersedia secara bertahap.

Dirangkum KompasTekno dari Wabetainfo, fitur reaction sudah tersedia pada aplikasi WhatsApp baik versi Android, iOS maupun desktop.

https://tekno.kompas.com/read/2022/05/07/11510097/fitur-whatsapp-reactions-sudah-bisa-dicoba-di-indonesia

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.