Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengenal Exolyt, Kalkulator Estimasi Penghasilan TikTokers

KOMPAS.com - TikTok menjadi aplikasi hiburan sebagian pengguna sekaligus menjadi penghasilan tambahan dari sejumlah influencer. Umumnya para influencer akan mendapat penghasilan yang diterimanya melalui berbagai kerjasama dari brand atau produsen tertentu.

Untuk mengetahui berapa estimasi nominal penghasilan dari TikTok, para influencer dapat menggunakan tools Exolyt.

Exolyt sendiri merupakan situs yang menyediakan alat statistik, analitik, hingga menghitung estimasi penghasilan kreator TikTok. Exolyt cocok digunakan untuk para influencer maupun pemilik brand untuk kepentingan marketing.

Melalui situs ini, pengguna dapat memantau merk, pesaing maupun analitik lainnya berdasarkan data yang dapat dimanfaatkan untuk strategi membuat konten terbaik agar mendapatkan engagement yang rate tinggi.

Situs ini dapat diakses secara gratis maupun premium. Untuk akun gratis, pengguna hanya dapat mencoba kalkulator penghasilan melalui situs kalkulator penghasilan Exolyt.com dengan mengetikkan nama pengguna di kolom pencarian.

Setelah Anda mengetikkan nama pengguna klik “Calculate earnings”. Nantinya akan muncul estimasi penghasilan dari akun tersebut. Pengguna dapat mencoba mengetikkan akun TikTok-nya sendiri maupun melihat estimasi penghasilan dari akun TikTok influencer lain.

Selain menampilkan estimasi penghasilan, laman juga akan menunjukkan analitik profil pengguna mulai dari jumlah video, likes, followers, skor berdasarkan analisis profil dari Exolyt, dan rasio jumlah pengikut yang menyukai.

Fitur-fitur tersebut dapat diakses pengguna secara gratis dan tanpa mendaftar. Bagi pengguna yang ingin menelusuri fitur analitik lebih kompleks dan lengkap, dapat mendaftar akun dan berlangganan Exolyt secara premium yang dibanderol mulai dari 49 euro atau setara dengan Rp 749.000.

KompasTekno mencoba mengkalkulasi estimasi penghasilan dari salah salah satu akun TikTok dengan handle @thelegacyinvestingshow, yang memiliki berbagai konten dengan niche dengan mengunggah berbagai konten mengenai finansial.

Fitur ini juga menampikan jumlah video, likes, followers, skor berdasarkan analisis profil dari Exolyt dan, rasio jumlah pengikut yang menyukai. Jika pengguna ingin mengetahui data analitik lebih kompleks maka harus mendaftar akun Exolyt dan berlangganan secara premium.

Sekali lagi, Exolyt.com hanya menampilkan estimasi penghasilan yang diterima dan tidak menunjukkan penghasilan asli dari influencer. Lantas bagaimana TikTokers mendapatkan pundi-pundi penghasilannya hingga angka yang fantastis?

Dilansir dari dari Business Insider, Tiktokers mendapatkan penghasilannya melalui beragam cara mulai dari monetisasi konten video TikTok, endorsement, sponsorship, hingga promosi dan bekerja sama dengan berbagai platform atau perusahaan tertentu.

Salah satu contoh TikTokers dengan penghasilan melejit adalah Charli D’Amelio. TikTokers asal Amerika Serikat ini mulai bergabung dengan TikTok mulai tahun 2019 dengan berbagai kontennya.

Selain memiliki jumlah penonton video yang fantastis, ia juga bekerja sama dengan berbagai brand terkemuka seperti Sabra Hummus dan Dunkin Donuts.

Dilansir dari Celebrity Net Worth, pada tahun 2021 ia telah menghasilkan 17 hingga 18 juta dollar AS atau setara dengan Rp 260.000.000 juta dari akun TikTok miliknya dengan handle @charlidamelio. Hingga kini Kamis (05/05/2022) jumlah pengikut akunnya telah mencapai lebih dari 140 juta pengguna. 

https://tekno.kompas.com/read/2022/05/08/12050057/mengenal-exolyt-kalkulator-estimasi-penghasilan-tiktokers-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke