Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Cara Menggunakan Fitur WhatsApp Reactions, Beri Emoji di Chat Pribadi atau Grup

KOMPAS.com - WhatsApp (WA) akhirnya meluncurkan fitur Reactions ke pengguna. Fitur ini dapat digunakan untuk menanggapi chat dari pengguna lain dengan memakai emoji yang tersedia.

Terdapat enam emoji yang bisa dipakai pengguna untuk menanggapi sebuah chat yang terdiri dari emoji jempol, hati, tertawa, sedih, terkejut hingga emoji kedua tangan simbol terimakasih.

Pantauan KompasTekno, Sabtu (7/5/2022), fitur Reactions sudah dapat dicoba oleh pengguna WhatsApp di Indonesia. Fitur ini hadir di WhatsApp versi 2.22.11.9 untuk versi Android.

Cara menggunakan fitur WhatsApp Reactions

Cara menggunakan fitur WhatsApp Reactions terbilang mudah, semudah menggunkan fitur balas pesan WhatsApp. Berikut cara menggunakan fitur WhatsApp Reactions dengan memberikan emoji di chat pribadi maupun Grup WA.

Pengguna bisa memberikan Reactions berkali-kali. Meski demikian, emoji yang ditampilkan akan berubah, alih-alih ditumpuk. Pengguna juga bisa menghapus Reactions yang digunakan sebelumnya.

Bisa atur notifikasi Reactions

Pemilik pesan yang ditanggapi akan menerima notifikasi ketika chat miliknya mendapat Reactions dari pengguna lainnya. Notifikasinya sama seperti saat penguna menerima pesan baru WhatsApp.

Pengguna bisa mengatur notifikasi WhatsApp Reactions lewat menu "settings/pengaturan" > notifikasi. Kemudian, gulir ke bawah hingga menemukan opsi "notifikasi Reaksi" di section "Pesan" dan "Grup".

Geser toggle (tombol di sisi kanan) ke arah kanan (berubah warna hijau) untuk mengaktifkan notifikasi Reaksi agar muncul di layar, atau geser ke kiri (berubah warna abu-abu) untuk tidak menampilkan notifikasi Reaksi.

Meski sudah bisa dicoba di Indonesia, distribusi fitur ini tampaknya belum merata. Sebab, beberapa tim KompasTekno belum kebagian fitur yang sama. Kemungkinan fitur ini akan tersedia secara bertahap.

Dirangkum KompasTekno dari Wabetainfo, fitur Reactions sudah tersedia pada aplikasi WhatsApp baik versi Android, iOS, maupun desktop. Anda bisa mengecek pembaruan aplikasi untuk memastikan apakah fitur WhatsApp Reactions sudah bisa dicoba atau belum.

Ke depannya, CEO Meta, Mark Zuckerberg berkata akan menambah jumlah emoji agar lebih banyak reaksi yang bisa diungkapkan pengguna pada chat di WhatsApp.

"Kami menyertakan (emoji tangan yang menyatu) untuk membantu mengungkapkan terimakasih. Emoji lainnya segera hadir," ujar Zuck dalam postingan di Facebook.

https://tekno.kompas.com/read/2022/05/09/08000067/cara-menggunakan-fitur-whatsapp-reactions-beri-emoji-di-chat-pribadi-atau-grup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke