Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Facebook Setop Layanan Podcast Bulan Depan

Tak ayal, raksasa jejaring sosial Facebook pun tak mau ketinggalan, sehingga meluncurkan tiga fitur berbasis audio di dalam platform miliknya sepanjang 2021, untuk menyaingi Clubhouse. Ketiga fitur itu adalah Podcast, Soundbites, dan Live Audio Rooms.

Namun, menuju pertengahan tahun 2022 ini, outlet media Bloomberg melaporkan bahwa minat Meta Platform Inc. (induk Facebook) terhadap bisnis berbasis audio dilaporkan telah memudar.

Menurut laporan Bloomberg, layanan Podcast di Facebook sendiri bakal disetop mulai 3 Juni 2022. Ini artinya, fitur Podcast Facebook belum genap berumur satu tahun ketika resmi ditutup pada awal Juni nanti.

Facebook sendiri baru meluncurkan layanan Podcast di platformnya pada 22 Juni 2021.

Meski baru ditutup bulan depan, Bloomberg melaporkan bahwa pengguna sudah tidak bisa menambahkan konten Podcast ke Facebook mulai minggu pertama Mei 2022 ini.

Podcast sendiri merupakan layanan berupa rekaman audio serupa siaran radio yang biasanya menyajikan pembahasan suatu topik oleh satu orang atau lebih. Formatnya biasanya audio digital.

Soundbites dan Live Audio Rooms juga ditutup

Selain Podcast, Facebook juga memiliki fitur berbasis audio Soundbites dan Live Audio Rooms. Senasib dengan Podcast, layanan Soundbites juga akan dihentikan dalam beberapa minggu mendatang.

Lewat Soundbites, pengguna bisa merekam suara dan membagikan konten audio berupa kata-kata motivasi, puisi, lelucon, ASMR, atau ungkapan diri mereka.

Fitur Soundbites sendiri baru dirilis ke pengguna pada Oktober 2021.

Sementara menurut pantauan KompasTekno, Senin (9/5/2022), fitur Live Audio Rooms sendiri sudah menghilang dari Facebook.

Dalam sebuah keterangan, Meta memang bakal mengintegrasikan fitur Live Audio Rooms ke dalam fitur Facebook Live, tidak lagi berdiri sendiri.

Jadinya, ketika melakukan siaran langsung (live), pengguna dapat memilih untuk melakukan live dengan format audio saja (warisan fitur Live Audio Rooms) atau dengan audio sekaligus video.

Meta: Layanan audio disederhanakan

Keputusan Meta menghentikan layanan Podcast, Soundbites, dan Live Audio Rooms ternyata bertujuan untuk menyederhanakan layanan audio dari Facebook. Hal tersebut dikonfirmasi oleh juru bicara Meta, Adelaide Coronado.

"Setelah satu tahun belajar terus-menerus untuk menciptakan pengalaman audio, kami memutuskan untuk menyederhanakan rangkaian tools audio kami di Facebook," kata Coronado, sebagaimana dihimpun dari The Verge.

"Kami terus mengevaluasi fitur yang kami tawarkan sehingga kami dapat fokus pada pengalaman yang paling berarti," pungkas dia.

Musababnya, saat ini, Meta agaknya lebih fokus pada fitur perekaman video pendek, Facebook Reels dan Instagram Reels. Sehingga pengguna lebih didorong untuk menggunakan Reels untuk bersaing dengan TikTok, dihimpun KompasTekno dari Bloomberg, Senin (9/5/2022).

Selain itu, semenjak mengubah nama induk perusahaan, dari Facebook Inc. menjadi Meta Platforms Inc. pada Oktober 2021, induk Facebook ini semakin menekankan minatnya untuk membangun metaverse.

Metaverse sendiri adalah konsep yang memungkinkan setiap orang untuk berinteraksi, bekerja, bermain game, dan melakukan hal lainnya di lingkungan virtual. Di metaverse, setiap orang bakal direpresentasikan dalam bentuk avatar 3D yang unik.

https://tekno.kompas.com/read/2022/05/09/09030057/facebook-setop-layanan-podcast-bulan-depan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke