Salin Artikel

Instagram Uji Coba Tampilan Mirip TikTok

Pengumuman ini disampaikan oleh CEO Instagram, Adam Mosseri, melalui sebuah video yang diunggah di akun Twitter @mosseri.

Dalam video tersebut, Mosseri mengatakan bahwa foto dan video yang akan ditampilkan di kolom Feed akan menggunakan rasio 16:9. Alhasil, konten yang diunggah di Instagram akan memiliki ukuran yang lebih luas.

Tampilan yang sedang diuji coba tersebut terlihat hampir serupa dengan standar ukuran video yang disajikan di TikTok. Sebagai informasi, TikTok menyajikan video dengan rasio serupa, yakni 16:9 atau 9:16.

"Kami menguji coba tampilan foto dan video yang lebih tinggi di feed Anda, jadi kami akan mencoba belajar sebanyak mungkin selama beberapa minggu ke depan," ungkap Adam.

Dalam video yang diunggah Mosseri terlihat bahwa konten yang ditampilkan di Feed Instagram memang memiliki ukuran yang lebih besar dan mendominasi halaman.

Hal serupa juga turut dilakukan pada posisi foto profil, nama pengguna, serta tombol "More".

Di luar dari perbedaan tersebut, pengguna nantinya masih akan menjumpai sejumlah tombol navigasi yang terdiri dari Home, Search, Reels, Shop, dan Account. Deretan tombol tersebut masih diletakkan di posisi yang sama, yakni di bagian bawah aplikasi Instagram.

Sisi bagian atas aplikasi masih akan dihiasi dengan logo Instagram yang ditempatkan bersebrangan dengan tombol Create a Post, Like, dan Direct Messages (DM).

Meski demikian, gambar yang ditampilkan Mosseri tidak menunjukkan detail letak di mana tab Instagram Stories akan berada.

Menurut seorang perwakilan Meta, Seine Kim, Instagram Stories masih akan dijumpai pada sisi atas aplikasi. Kim mengatakan bahwa gambar yang dipamerkan Mosseri hanya menunjukkan tampilan laman Feed yang sudah digulir oleh pengguna.

Uji coba tampilan baru Instagram ini menurut Mosseri, masih akan berlangsung hingga beberapa pekan mendatang.

Masih belum diketahui secara pasti kapan penyesuaian ini akan digelontorkan secara resmi kepada seluruh pengguna Instagram.

Belakangan, Instagram terlihat rutin melakukan sejumlah penyesuaian pada konten yang berjalan di platformnya.

Sebagaimana dihimpun KompasTekno dari The Verge, Senin (9/5/2022), Instagram pada April lalu berencana untuk mengubah algoritma untuk Reels.

Nantinya, Instagram akan lebih memprioritaskan konten asli atau original buatan pengguna Instagram, dibandingkan konten yang diunggah ulang alias repost.

Hal tersebut disinyalir adalah bagian dari strategi Instagram untuk mengurangi konten-konten dari TikTok yang diunggah di IG.

https://tekno.kompas.com/read/2022/05/09/13000037/instagram-uji-coba-tampilan-mirip-tiktok

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.