Salin Artikel

Lebih dari 90 Persen Warganet Indonesia Mengakses Internet lewat Ponsel

KOMPAS.com - Smartphone tampaknya menjadi perangkat andalan orang Indonesia untuk berselancar di internet. Indikasi ini terlihat dari laporan bertajuk "Digital 2022 April Global Statshot Report" yang dirilis oleh Hootsuite dan We Are Social.

Menurut laporan tersebut, mayoritas pengguna internet alias warganet di Indonesia juga mengakses internet via mobile atau menggunakan ponsel.

Hampir seluruh pengguna internet atau sebanyak 94,9 persen di antaranya, mengakses internet menggunakan smartphone atau feature phone yang bisa terkoneksi internet.

Persentase tersebut lebih tinggi dibanding pengguna yang menagkses internet via komputer atau PC. Adapun pengguna internet di Indonesia yang mengakses internet melalui komputer sebesar 62,9 persen.

Selain itu, Indonesia juga menjadi negara kedua yang paling lama berselancar di internet menggunakan ponsel. Dari total durasi internet harian pengguna di Indonesia, lebih dari separuhnya (59,4 persen) dihabiskan untuk internetan dari ponsel.

Adapun rata-rata durasi internet harian pengguna di Indonesia mencapai 8 jam 8 menit. Artinya, orang Indonesia mengakses internet dari ponsel hampir 5 jam setiap harinya.

Hasil ini lebih tinggi dibanding negara Asia Tenggara lainnya seperti Malaysia dan Singapura. Dengan kata lain, pengguna internet di Indonesia, lebih lama internetan pakai ponsel dibanding Malaysia dan Singapura.

Sebab, kedua negara ini menggunakan ponsel untuk berinternet dengan persentase masing-masing 52,4 persen dan 48,5 persen dari total durasi internet harian.

Meski demikian, Thailand yang juga termasuk salah satu negara di Asia Tenggara, menempati posisi pertama yang paling lama internetan pakai ponsel, dengan persentase 59,5 persen. Tiga negara lainnya yang masuk dalam 5 besar yaitu China (59,4 persen), India (58,5 persen) dan Turki (56,9 persen).

Akses internet via komputer rendah

Seperti disebutkan sebelumnya, persentase pengguna internet di Indonesia yang mengakses internet via komputer masih jauh lebih rendah dari pengguna mobile. Hanya 62,9 persen pengguna internet di Indonesia yang mengakses internet via komputer.

Indonesai masuk 10 negara paling bawah yang mengakses internet menggunakan komputer. Semetara posisi teratas, kebanyakan dihuni negara Eropa, seperti Swis hingga Polandia.

Menurut laporan We Are Social, sebanyak 86,8 persen pengguna internet di Swis berselancar di dunia maya menggunakan komputer.

Empat negara lainnya yang paling banyak mengakses internet via komputer yaitu Austria (86,4 persen), Polandia (86,1 persen), Portugal (85,6 persen) dan Belgia (84 persen).

Berapa lama orang-orang online di internet?

Laporan Hootsuite dan We Are Social juga merangkum durasi rata-rata pengguna berselancar di internet. Berdasarkan laporan itu, pengguna internet di dunia rata-rata online selama 6 jam 53 menit atau hampir 7 jam dalam sehari.

Durasi tersebut turun 0,7 persen atau sekitar 3 menit dibanding rata-rata durasi online pada awal tahun, yaitu selama 6 jam 57 menit.

Adapun di Indonesia, rata-rata durasi online pengguna setiap harinya yaitu 8 jam 8 menit. Durasi ini lebih lama dibanding Januari 2022, karena Indonesia mencatat rata-rata online harian 8 jam 36 menit. Untuk melihat laporan "Digital 2022: April Global Stateshot Report" dari We Are Social dan Hootsuite lebih lengkap, bisa diakses lewat tautan ini.

https://tekno.kompas.com/read/2022/05/09/19300027/lebih-dari-90-persen-warganet-indonesia-mengakses-internet-lewat-ponsel

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.