Salin Artikel

Instagram Uji Coba Fitur NFT, Kreator dan Kolektor Bisa Pamer Karya

CEO Meta, Mark Zuckerberg, mengonfirmasi pihaknya akan menguji fitur NFT di aplikasi di bawah naungan Meta, seperti Instagram dan Facebook.

Nantinya, karya-karya NFT yang dibuat kreator atau yang dimiliki kolektor, akan dapat dipajang melalui Feed, IG Stories, serta Direct Message (DM). 

Menurut CEO Instagram, Adam Mosseri, mengatakan bahwa fitur NFT ini baru akan digelontorkan ke sekelompok pengguna di Amerika Serikat (AS) dalam beberapa waktu ke depan.

"Ada banyak cara kreator untuk mendulang uang, tapi, banyak juga yang tidak bisa diprediksi dan berubah dengan cepat. Kami pikir salah satu kesempatan yang menarik untuk kreator adalah NFT," kata Mosseri dalam video yang diunggah ke akun Twitter dengan handle @mosseri.

Karya NFT tersebut kemudian akan memiliki tag yang memuat detail terkait aset digital tersebut, seperti nama pembuat maupun kolektornya.

Untuk tahap awal, NFT yang didukung Instagram adalah NFT yang dicetak di blockchain Ethereum dan Polygon. Namun, ke depannya, dukungan tersebut akan diperluas ke Solana dan Flow.

Adapun dompet digital yang akan didukung Instagram pada tahap awal meliputi Rainbow, MetaMask, dan Trust Wallet. Dompet digital pihak ketiga lainnya yang disebut akan menyusul yaitu Coinbase, Dapper, dan Phantom.

Dengan uji coba ini, Mosseri berharap mendapat respons dari pengguna untuk mengevaluasi dukungan NFT di Instagram.

Setelah uji coba rampung, Mosseri menyatakan akan menghadirkan lebih banyak fitur yang mendukung penggunaan NFT di aplikasi berbagi foto dan video tersebut.

Bakal dukung NFT 3D

CEO Meta Mark Zuckerberg dalam kesempatan terpisah mengatakan bahwa dukungan NFT juga segera hadir di Facebook dan aplikasi Meta lainnya pada waktu mendatang.

Tak hanya NFT berupa foto, Zuck mengatakan pihaknya mengembangkan dukungan NFT dengan teknologi Augmented Reality (AR) atau NFT 3D.

Dirangkum KompasTekno dari TechCrunch, Selasa (10/5/2022), nantinya, NFT 3D dapat dipamerkan pengguna melalui Instagram Stories menggunakan Spark AR, yaitu platform AR milik Meta.

Rencana dukungan NFT pada Instagram dan Facebook sendiri sudah diungkap Zuck cukup lama.

Upaya ini ditempuh perusahaan sebagai bagian dari rencana membangun Metaverse di masa depan. Sebab, menurut Alexandru Voica, komunikasi teknologi EMEA di Meta, NFT merupakan aspek penting dari potensi ekonomi metaverse.

https://tekno.kompas.com/read/2022/05/10/09000047/instagram-uji-coba-fitur-nft-kreator-dan-kolektor-bisa-pamer-karya

Rekomendasi untuk anda
26th

Tulis komentarmu dengan tagar #JernihBerkomentar dan menangkan e-voucher untuk 90 pemenang!

Syarat & Ketentuan
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.