Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Menjajal Kamera 108 MP di Samsung Galaxy A73 5G, Sebagus Apa Hasilnya?

Secara hierarki, Galaxy A73 5G merupakan ponsel tertinggi di jajaran Galaxy A series untuk saat ini. Salah satu spesifikasi istimewa yang dibawa ponsel adalah kamera utama dengan resolusi 108 MP.

Ini adalah pertama kalinya kamera 108 MP hadir di ponsel Samsung kelas menengah lewat lini Galaxy A. Biasanya, Samsung menyematkan kamera dengan resolusi sebesar itu hanya di seri flagship, seperti Galaxy S22 Ultra, misalnya.

Kamera utama 108 MP (f/1.8) Galaxy A73 5G itu ditemani dengan tiga kamera belakang lainnya, yaitu kamera ultrawide 12 MP (f/2.2), kamera depth sensor 5 MP (f/2.4), dan kamera makro 5 MP (f/2.4).

Sementara di bagian depan, Samsung menyertakan kamera 32 MP (f/2.2) untuk keperluan swafoto dan video call.

Dari pengalaman KompasTekno saat menjajalnya, secara keseluruhan, hasil foto yang dihasilkan dari kamera Galaxy A73 5G ini terbilang bagus. Terutama hasil foto dari kamera utama (wide) 108 MP.

Dalam situasi cuaca mendung, kamera utama 108 MP Galaxy A73 5G ini juga masih dapat menghasilkan gambar yang detail dengan saturasi tinggi sehingga tampak mencolok, seperti gambar di bawah ini.

Pengguna bisa memotret dengan resolusi penuh sebesar 108 MP untuk memaksimalkan ketajaman. Mode resolusi penuh ini juga bakal menghasilkan gambar yang jauh lebih terang ketimbang dengan mode normal.

Hal tersebut dimungkinkan karena Samsung menerapkan teknik "nona-binning" pada kamera 108 MP pada Galaxy A73 5G.

Teknik "nona-binning" bekerja dengan cara menggabungkan sembilan piksel menjadi satu piksel menggunakan AI. Teknologi ini menjanjikan gambar yang lebih detail dan cerah.

kamera 108 MP pada Galaxy A73 5G sudah dilengkapi dengan ukuran sensor yang besar, yaitu 0,64 mikron.

Sehingga kombinasi teknik "nona-binning" dan ukuran piksel yang besar ini menjanjikan kamera 108 MP pada Galaxy A73 5G dapat menghasilkan gambar dengan resolusi yang tinggi, yaitu 12.000 x 9000 piksel.

Selain itu, hasil gambar dari bidikan kamera utama ponsel ini juga disebut akan lebih detail dan terang, seperti gambar di bawah.

Namun, pengguna bisa menggunakan fitur night mode untuk membuat hasil foto di kondisi cahaya minim jauh lebih tajam, detail, dan terang, seperti gambar di bawah.

Perlu dicatat, saat memotret dengan fitur night mode, pengguna harus memegang ponsel dalam posisi yang stabil. Karena gerakan sedikit saja akan membuat hasil menjadi goyang atau bahkan blur.

Misalnya, pengguna bisa menggunakan kamera ultrawide 12 MP untuk memotret gambar dengan bidang pandang yang lebih luas dibanding kamera utama (wide) 108 MP.

Kamera tersebut dapat digunakan untuk memotret objek guna mendapatkan detail lebih, dengan jarak super dekat, yaitu 3-5 cm. Hasilnya pun terbilang cukup baik.

Terakhir, Samsung juga membekali Galaxy A73 dengan kamera depth sensor 5 MP, yang mampu memberikan efek bokeh pada hasil foto ketika menggunakan mode potrait.

Seperti ponsel Samsung lainnya, Samsung menyediakan beberapa opsi bokeh, mulai dari Blur, Big Circle, Spin, Zoom, hingga Color Point.

Masing-masing opsi itu menghasilkan efek bokeh yang berbeda-beda. Misalnya Spin, nantinya efek bokeh yang dihasilkan pada foto akan berbentuk memutar.

Sementara untuk Color Point, opsi ini memungkinkan pengguna akan mendapat hasil foto dengan efek bokeh monokrom di bagian latar belakang, seperti gambar di bawah.

Sebenarnya, ponsel ini tidak dibekali dengan kamera telefoto. Makanya, zoom dilakukan lewat pembesaran digital dari kamera utama.

Ketika dijajal, fitur ini bisa menghasilkan foto yang terbilang baik, terutama ketika diperbesar hingga 4x. Saat menggunakan digital zoom 10x, hasil foto terlihat buram.

Hasil swafoto dari kamera depan

Lalu, bagaimana dengan hasil jepretan dari kamera depan Samsung A73? Saat dicoba kamera selfie 32 MP (f/2.2) itu menghasilkan hasil foto yang detail dan tajam.

Kamera selfie Galaxy A73 5G turut dilengkapi dengan mode potrait untuk menghasilkan gambar dengan efek bokeh.

Menariknya, mode potrait pada kamera depan itu dibekali dengan opsi bokeh yang lebih banyak ketimbang kamera belakangnya.

Misalnya, ada opsi backdrop (mengubah latar belakang dengan warna tertentu), opsi high-key mono, hingga low-key mono, seperti gambar di samping.

Ada pula opsi mempercantik wajah, mulai dari mengatur kehalusan kontur muka (skin smoothness), tone warna kulit, hingga meniruskan rahang.

Pengguna bisa mengatur seberapa besar efek mempercantik wajah tersebut secara langsung melalui aplikasi kamera.

Nah, deretan hasil jepretan kamera Samsung Galaxy A73 5G selengkapnya, dapat dilihat dalam rangkaian foto di tautan berikut ini.

Sedangkan spesifikasi lengkap sekaligus ulasan unboxing dan hands-on dari ponsel ini dapat disimak melalui artikel bertajuk "Unboxing dan Hands-on Galaxy A73 5G, Samsung A Series Pertama dengan Kamera 108 MP".

https://tekno.kompas.com/read/2022/05/10/11000077/menjajal-kamera-108-mp-di-samsung-galaxy-a73-5g-sebagus-apa-hasilnya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke