Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

Mengapa Insentif Prakerja Gagal Cair? Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

KOMPAS.com - Bagi peserta yang lolos gelombang Kartu Prakerja nantinya akan menerima dana insentif yang diberikan secara non-tunai, dengan cara ditransfer ke rekening bank maupun akun e-wallet yang telah didaftarkan.

Proses pencairan insentif tersebut sebenarnya dapat dilakukan dengan mudah melalui kedua metode tersebut. Namun adakalanya masih terdapat peserta yang mengalami kegagalan dalam proses pencairan.

Dilansir dari laman resmi prakerja.go.id terdapat beberapa penyebab mengapa insentif gagal dicairkan antara lain seperti akun e-wallet belum di-upgrade, belum mengisi ulasan review, data yang tidak sesuai, dan lain sebagainya.

Untuk mengatasi hal ini, berikut ini penyebab dan cara mengatasi insentif Prakerja yang gagal dicairkan.

Nomor rekening atau e-wallet belum terhubung

Jika insentif belum cair, coba cek kembali apakah nomor ponsel e-wallet atau nomor rekening Anda sudah terhubung dengan akun Prakerja. Jika belum tersambung, tentu insentif akan gagal cair.

Berikut ini cara menyambungkan nomor rekening atau ekun e-wallet untuk insentif:

Upgrade e-wallet

Program Kartu Prakerja bekerjasama dengan rekanan mitra e-wallet OVO, LinkAja, GoPay, dan Dana.

Jika insentif prakerja belum cair sesuai jadwal, bisa jadi akun e-wallet yang dihubungkan dengan akun Prakerja Anda masih belum di-upgrade atau belum melakukan KYC (verifikasi e-KTP dan swafoto).

Untuk selengkapnya berikut ini cara upgrade e-wallet Dana, Ovo, LinkAja, dan GoPay.

Selain permasalahan di atas, terdapat penyebab lain insentif gagal dicairkan, seperti peserta belum mengisi ulasan (review) pelatihan di dashboard, belum memberikan penilaian (rating) pelatihan, nomor rekening atau e-wallet yang didaftarkan tidak aktif, hingga data KTP dan e-wallet yang tidak sesuai.

https://tekno.kompas.com/read/2022/05/10/14450047/mengapa-insentif-prakerja-gagal-cair-ini-penyebab-dan-cara-mengatasinya-

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke