Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

WhatsApp Siapkan "Companion Mode", Satu Akun Bisa Dipakai di 2 HP Sekaligus

Namun, itu semua tampaknya akan berubah di masa mendatang. Pasalnya, WhatsApp diyakini tengah menyiapkan fitur yang membuat pengguna bisa menggunakan satu akun WhatsApp di dua ponsel yang berbeda secara bersamaan.

Kabar ini terendus oleh WABetaInfo, yang kerap memberi bocoran fitur-fitur WhatsApp dengan akurat, sebelum resmi meluncur.

Menurut WABetaInfo, fitur yang memungkinkan satu akun WhatsApp digunakan di 2 HP sekaligus bernama "Companion Mode".

"Companion Mode memungkinkan Anda untuk menautkan perangkat ini (ponsek kedua) ke akun WhatsApp yang terdaftar di ponsel Anda. Beralih ke Companion Mode akan mengeluarkan Anda dari Akun WhatsApp Anda saat ini," tulis keterangan fitur Companion Mode dalam tangkapan layar yang dibagikan WABetaInfo.

Ketika Companion Mode sudah resmi hadir, Anda memutuskan untuk menggunakan satu akun WhatsApp saja di dua ponsel milik Anda.

Nah, di sinilah peran Companion Mode. Di ponsel kedua, Anda bisa mendaftarkan akun WhatsApp yang didaftarkan dengan nomor utama Anda. Namun, konsekuensinya, akun WhatsApp yang sebelumnya didaftarkan dengan nomor sekunder Anda di ponsel kedua akan resmi keluar (log-out).

"Peralihan ke Companion Mode akan menghapus semua data Whatsapp yang disimpan secara lokal, termasuk pesan dan media Anda," tulis keterangan.

Makanya, nanti, sebelum beralih ke mode Companion Mode, ada baiknya pengguna melakukan pencadangan (back up) data dan media WhatsApp dari akun WhatsApp sekundernya.

Saat ini, fitur multi-device ini memungkinkan satu akun WhatsApp bisa digunakan di empat perangkat secara bersamaan tanpa bergantung pada ponsel dengan nomor yang terdaftar.

Namun, akun WhatsApp di ponsel pengguna hanya bisa ditautkan dengan empat perangkat komputer desktop saja, baik melalui aplikasi WhatsApp Web atau WhatsApp desktop.

Nah, menurut laporan WABetaInfo, WhatsApp juga tengah mengerjakan fitur multi-device yang membuat akun WhatsApp juga bisa ditautkan ke ponsel sekunder di masa mendatang, tak hanya ke perangkat desktop saja.

Dalam tangkapan layar yang dibagikan, cara menautkan akun WhatsApp ke ponsel sekunder terbilang sama ketika menautkan akun WhatsApp ke WhatsApp web/desktop.

Pengguna dapat menautkan akun WhatsApp miliknya dengan cara klik menu titik tiga di atas layar > klik "Linked devices" > klik "Link a device".

Selanjutnya, pengguna perlu memindai (scan) kode QR yang ada di ponsel utama dengan ponsel sekunder, sebagaimana dihimpun KompasTekno dari situs WABetaInfo, Rabu (11/5/2022).

WABetaInfo menegaskan bahwa hingga sekarang, dua fitur tersebut masih dalam tahap pengembangan.

WhatsApp sendiri juga belum merilis fitur Companion Mode dan link device seluler ke pengguna WhatsApp Beta untuk diuji coba terlebih dahulu. Setelah tahap uji coba selesai, WhatsApp biasanya baru akun menggulirkan fitur baru secara bertahap ke seluruh penggunanya.

https://tekno.kompas.com/read/2022/05/11/16020057/whatsapp-siapkan-companion-mode-satu-akun-bisa-dipakai-di-2-hp-sekaligus

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke